PEMUKULAN OLEH KETUA DEWAN, DELIK UMUM | PARLEMEN ITU BUKAN PREMAN



Oleh: Ir. Djefry W. Dana, M.Arch (Pengamat)

BAK geledeg di siang bolong, tiba-tiba saja berita tersebar viral, manakala Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar yang baru dilantik, memukul Bambang seorang ASN Subag Perlengkapan DPRD Jabar, akibat dari ketidakpuasan Taufik Hidayat terhadap pekerjaan pagar yang tengah dikerjakan.

Berita kejadian lengkap bisa lihat sumber berita :
http://wjtoday.com/berita/6782/ditampar-ketua-dprd-Jabar-kasubag-perlengkapan-mengundurkan-diri

Dalam pemberitaan awal, Bambang langsung mengundurkan diri, dan membuat pernyataan tidak menerima atas tindak kekerasan yang dilakukan Taufik Hidayat.

Namun sehari kemudian terjadilah perdamaian, dan menarik kembali semua pernyataan. Disinyalir Bambang dipanggil Taufik Hidayat ke rumahnya, entah dengan cara apa Taufik Hidayat meredam Bambang, sehingga sikap Bambang dalam waktu sehari langsung berubah 180 derajat, menerima perlakuan tindak kekerasan Taufik Hidayat.

Dalam materi hukum pidana, semua orang sudah tahu akan Delik Umum, atau Delik Aduan, sudah barang tentu kasus Ketua Dewan bukan masuk pada delik aduan, sehingga ketika Bambang mencabut segala keberatannya, otomatis semuanya bisa selesai.

Ketua Dewan adalah pejabat publik yang harus mempertanggungjawabkan segala tindakannya kepada publik. Semua tindakan akan berimplikasi terhadap publik, apa jadinya dengan tindakan serampangan bak preman dari seorang Ketua Dewan.

Kita bisa membayangkan hal ini menjadi preseden buruk terhadap semua kebijakan yang akan diambil. Sifat buruk semacam ini, akan sangat mengganggu kinerja Dewan, dan publik berharap mempunyai Ketua Dewan yang bijaksana bukan preman.

Terhadap kelakuan Ketua Dewan semacam ini, sudah barang tentu publik dapat mengadukan, melalui Badan Kehormatan DPRD Jabar, Mahkamah Partai Gerindra yang menaungi Taufik Hidayat, dan Kepolisian RI.

Publik harus memahami bahwa Kasus Ketua Dewan bukan DELIK ADUAN, yang bisa berhenti hanya karena Bambang mencabut segala keberatannya. Tapi Kasus Ketua Dewan adalah DELIK UMUM, semua infra struktur negara wajib bertindak terhadap kelakuan sangat buruk seorang Ketua Dewan yang baru di lantik ini.(**)

No comments

Powered by Blogger.