AKRAB FAH UIN BANDUNG SIAP LAHIRKAN POTENSI DAN BAKAT BARU MAHASISWA


  
BANDUNG - Untuk menggali potensi dan bakat mahasiswa di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, maka diselenggarakan kegiatan Aksi Kreativitas Akademik dan Budaya (AKRAB) dari tanggal 18-20 November 2019.

Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, alumni dan kerjasama FAH, Dr. H. Ading Kusdiana, M.Ag menjelaskan, kegiatan AKRAB ini merupakan bagian dari rangkaian Pekan Ilmiah (PIM) IV. Diisi dengan pertandingan futsal, perlombaaan musikalisasi puisi,  akrab voice, menulis essay, dan duta fakultas.

"Untuk acara pembukaan AKRAB digelar pertandingan futsal yang diikuti 14 tim pada hari Senin (18/11/2019) yang bertempat di Lapangan futsal Zone 273," tegasnya, Kampus I, Jl. A. H. Nasution No 105 Cipadung Cibiru Kota Bandung, Rabu (20/11/2019).

Hadir dalam acara pembukaan itu Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Adab dan Humanuiora, Ni’mah A.;  Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora, Torikul Farhan; Ketua Panitia Pelaksana, Alif Maulana; dan seluruh kontingen perserta olahraga  futsal  yang berasal dari jurusan  Sejarah dan Peradaban Islam (SPI), Bahasa dan Sastra Arab (BSA), serta Sastra Inggris (SI).

Menurutnya, kegiatan AKRAB sebagai  rangkaian dari kegiatan Pekan Ilmiah (PIM) IV ini sangat penting dilaksanakan, pertama, untuk menggali  potensi dan bakat baru di kalangan civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora (FAH). "Diharapkan dengan dilaksanakannya  kegiatan ini, dari  Fakultas Adab dan Humaniora akan lahir sumber daya manusia yang  memiliki potensi dan bakat baru yang bisa memberikan kontribusi dan  menunjukan prestasi baik  di tingkat lokal (universitas), nasional, bahkan internasional," paparnya.

Kedua, kegiatan AKRAB di kalangan civitas akademika  Fakultas Adab dan Humaniora  (FAH) perlu dilaksanakan "untuk menjalin kebersamaan, persaudaraan, dan silaturrahim, sehingga bisa mempererat  persatuan dan rasa memiliki  terhadap institusi," ujarnya.

Dalam kegiatan AKRAB yang berlangsung selama tiga hari  ini, untuk cabang olahraga  futsal yang dimainkan pada hari pertama ada 14 tim yang ikut  berpartisipasi, yang terdiri dari  putra dan putri  yang berasal dari tiga jurusan yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH)

Untuk hari Selasa (19/11/2019) bertempat di auditorium Fakultas Adab dan Humanuiora   diperlombakan  tiga perlombaaan yaitu musikalisasi puisi, akrab voice, dan  menulis essay. "Minat, animo  dan antusiasme peserta dalam tiga ajang perlombaaan ini  cukup  besar, hal ini terbukti  dari jumlah peserta yang  ikut ajang  musikalisasi puisi yang berjumlah 20 orang/tim, AKRAB voice 30 orang/tim, dan menulis essay sebanyak 27 orang," jelasnya.

Sedangkan pada hari Rabu (20/11/2019) masih ditempat yang sama, telah  dilaksanakan  perlombaaan  duta fakultas yang diikuti oleh 10 peserta. "Selama kegiatan berlangsung dukungan dari penonton pun sangat besar. Hal ini dapat terlihat dari  lapangan futsal  Zone 273 dan Auditorium Fakulutas Adab dan Humaniora (FAH) yang  banyak dipenuhi  oleh penonton yang  ingin mendukung peserta atau timnya masing-masing,"

Baginya, kegiatan ini  sangat positif dalam membangun culture  akademik dan budaya. "Dengan demikian mudahan  di masa mendatang dapat dilaksanakan kembali secara  berkelanjutan dan akan memberikan apresiasi terhadap  mahasiswa yang berprestasi dalam kegiatan AKRAB ini," pungkasnya.[rls/IS]

Disadur dari sumber dan foto: Humas UIN SGD Bandung

No comments

Powered by Blogger.