HMJ Sastra Inggris Bangun Silaturahmi Melalui PKMB 2019 | Membiasakan Kondusifkan Suasana Kuliah



BANDUNG - Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN SGD Bandung, melaksanakan Pengukuhan Keluarga Mahasiswa Baru (PKMB) pada 22-24 November 2019. Acara berlangsung di Villa Manggala Giri, Lembang, Jawa Barat. PKMB ini diikuti 230 mahasiswa baru angkatan 2019 Jurusan Sastra Inggris didampingi 88 panitia.

Acara dibuka Wakil Dekan III FAH, Dr. H. Ading Kusdiana, M.Ag., di Lantai IV Gedung Aula Kopertais UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam pembukaannya, Ading menghimbau agar para panitia dapat memberikan kontribusi bermanfaat bagi para mahasiswa baru terkait pengenalan budaya akademik.

"Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan lebih dalam kepada mahasiswa baru mengenai dunia perkuliahan. Membuka gerbang silaturahmi dengan mahasiswa aktif, dosen dan alumni jurusan Sastra Inggris dari berbagai angkatan," kata Ading.

Ading menambahkan, mahasiswa baru yang mengikuti acara ini mendapatkan tiga keuntungan, yaitu wawasan, relasi dan eksistensi yang dapat membantu dalam permasalahan di dunia perkuliahan.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa Sastra Inggris 2019 diharapkan dapat terus membangun dan memperbaiki hubungan silaturahmi kepada mahasiswa angkatan lainnya. Selain itu, diharapkan juga untuk memiliki rasa kekeluargaan, kebersamaan dan tenggang rasa terhadap sesama Sastra Inggris.

Di kesempatan yang sama, Dr. Andang Saehu, M.Pd Ketua Jurusan Sastra Inggris menuturkan, PKMB yang juga dikenal dengan Frosh Week di USA, Fresher's Week di UK, O-Week di Australia dan New Zealand, dan Nollning di Swedia itu pada umumnya untuk membentuk karakter mahasiswa baru yang unggul baik dalam akademik maupun non-akademik dan mempererat rasa kekeluargaan antar mahasiswa baru.

Pada PKMB kali ini panitia memberikan nama PHOENIX (People of English Literature who have energy in extraordinary) kepada angkatan Sastra Inggris 2019 dengan tema acara "Empowering the humanities with literature to create better future".

Rangkaian acara yang disusun sudah disesuaikan misi PKMB, yaitu Jujur, kreatif, percaya diri dan tangguh. Kegiatan yang diikuti mahasiswa baru, antara lain penampilan per kelompok, games, senam dan pemilihan ketua angkatan.

Ketua pelaksana acara PKMB, Iqbal Mustofa Akhyar mengungkapkan "dengan adanya acara ini diharapkan para mahasiswa baru dapat menjadi mahasiswa yang jujur, kreatif, tangguh dan percaya diri."

Pada kegiatan PKMB ini, mahasiswa baru diberikan pengenalan dan pengarahan mengenai kegiatan perkuliahan di Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora. Adapun tujuan dari keseluruhan acara PKMB ini, menurut ketua HMJ Sastra Inggris 2019-2020, Handar Wibyan, untuk memberikan pengenalan mengenai Budaya di Jurusan Sastra Inggris.

“Para mahasiswa baru diharapkan dapat mengetahui seberapa besar mentalitas yang mereka miliki untuk mengahadapi dunia perkuliahan. Kami berharap, kegiatan ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan mahasiswa-mahasiswi unggul dalam akademik dan kreatifitas," kata Handar.[rls/IS]

Disadur dari sumber dan foto: Humas UIN SGD Bandung

2 comments

Juliandri_Putra said...

Mantap sukses selalu untuk HMJ dan Jurusan Sastra Inggris UIN Bandung 💪

Candra Guntara said...

keep spririt.

Powered by Blogger.