UIN SGD Bandung Raih Juara Umum Kedua pada OSKI 2019 di Makasar | Tahun Depan Rebut Juara I


MAKASAR - Kontingen UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung meraih Juara Umum kedua pada Olimpiade Sains dan Karya Inovatif (OSKI) Perguruan Tinggi Keagamaan Indonesia 2019 yang diselenggarakan di The Rinra Makassar dari tanggal 14-15 November 2019.

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si didampingi Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD, sebagai ketua pelaksana yang menanggungjawabi delegasi UIN SGD Bandung untuk OSKI PTKI, sangat mengapresiasi atas capaian kontingen di bawah bimbingan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), yang memperoleh 5 mendali terdiri dari 2 medali Emas, 1 medali perak, 1 medali perunggu, dan 1 honorable mention.

"Alhamdulillah, kami atas nama Rektor mengucapkan selamat kepada para juara yang telah berjuang dan memperoleh juara umum kedua pada OSKI PTKI Tahun 2019. Mudah-mudahan dengan perolehan 5 mendali ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu perguruan tinggi untuk menegaskan capaian kampus yang unggul dan kompetitif menuju World Class University (WCU)," tegasnya, Sabtu (16/11/2019).

Ketua kontingen UIN SGD Bandung, Dr. Hj Hasniah Aliah mengatakan mereka yang mengukir prestasi pada OSKI ini adalah Sabili Abdul Haqul Mubin (Honorable mention Kimia), Yuran Ramadhan (Perunggu untuk kategori Karya Inovasi Mhs dan Dosen), Nina Nurhayati (Perak Olimpiade Kimia), Qori (Emas Olimpiade Matematika, dan Rizky (Olimpiade Fisika). 

"Semua nominee OSKI ini hakekatnya berprestasi, mereka sudah berjuang dan sampai pada Puncak acara ini, sebuah prestasi yang membanggakan," ujarnya.

Kontingen UIN SGD Bandung mengirimkan 12 nominee di partai puncak, yakni 10 olimpiade dan 2 karya inovasi, berhasil meraih peringkat Juara umum kedua. 

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), setelah menerima penghargaan sebagai peringkat kedua, menyampaikan kegembiraannya dengan capaian ini.

"Hasil yang kita capai adalah hasil perjuangan bersama, dan kita bisa berbangga karena kita sudah berusaha sebagaimana yang dipesankan Bapak WR I, Prof DR. Rosihon Anwar, pada saat pemberangkatan. Tetapi kita tidak boleh merasa cukup, tetap harus terus berprestasi dan melakukan lompatan-lompatan yang baik dalam berbagai bidang untuk kemajuan UIN SGD Bandung," paparnya. 
 
OSKI adalah ajang adu pintar dalam hal sains dan karya inovatif di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia. OSKI PTKI yang pertama ini mengusung tema "Peran dan Tantangan Sains dan Teknologi Menuju Revolusi Industri 4.0 Sintesis, Karakterisasi, dan Properti". 

Setelah melalui seleksi tahap pertama di masing-masing kampus, terdapat 29 Kampus yang berhasil meloloskan wakilnya ke puncak acara di Makassar. 

Ajang OSKI PTKI dibuka oleh Penjabat Walikota Makassar, M Iqbal Samad Suhaeb, di Baruga Angin Mammiri, Kamis (14/11/2019) malam.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI., Prof. Dr. Arskal Salim, M.Ag menambahkan, acara ini didisain agar kampus Islam dapat unjuk gigi dalam kompetisi ilmiah. Pada kesempatan lain, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Suwendi, M.Ag mengatakan bahwa tujuan OSKI PTKI ada dua, yaitu integrasi keilmuan dan transformasi kelembagaan.

Acara ini dimeriahkan dengan acara Expo dari peserta Lomba Karya Inovasi, juga stand PTKI, MTs, MA, Unit Pemerintah dan Swasta. Pada hari kedua, Bapak Wakil 1Menteri Agama, H. Zainut Tauhid berkesempatan mengunjungi stand-stand Expo, sekaligus menutup serangkaian acara OSKI PTKI pada malam harinya (15/112019). 

Zainut Tauhid berpesan agar Olimpiade Sains dan Karya Inovasi 2019 melahirkan insan kamil yang berkarakter Islam untuk kemaslahatan umat menghadapi permasalahan kekinian," pungkasnya.(rls/IS)

No comments

Powered by Blogger.