[VIDEO] MESIN STUNGTA DIUJI KEMENTERIAN LHK | HARUSNYA SUDAH DIGUNAKAN MASYARAKAT

Share:


Inilah Mesin Stungta, karya anak bangsa sebagai incinerator pemusnah sampah, ramah lingkungan,  hemat enerji, diverifikasi lembaga resmi pemerintah pusat. Stungta terbukti handal saat ujicoba di pelataran Kantor Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jabar, di area perkantoran Jl. Kawaluyaan Kota Bandung.

Diah Wati dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan didampingi Yanto Sugiharto dari Tim Auditor Teknologi Indonesia, memberi penialaian kinerja Stungta yang sama sekali tidak mengeluarkan asap sama sekali.

Tidak hanya itu tim verifikasi juga menguji keabsahan sertifikasi dan regulasi yang memungkinkan mesin ini bisa digunakan masyarakat. Persoalannya, sampah di Bandung Raya makin menumpuk dan terus bertambah. Hanya ada satu kata yang tepat untuk sampah, musnahkan.

SB: Diah Wati | Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
SB: Yanto Suhigarto | Tim Auditor Teknologi Indonesia

Di lokasi juga ada tim ahli dari Hejo Tekno yang tergabung dalam Gerakan Hejo, yakni Betha Kurniawan dan Teguh Adha didampingi tim lainnya. Menurut Ketua Umum Gerakan Hejo Eka Santosa, persoalan sampah harus segera ditangani bersama pemerintah dan masyarakat. Khususnya Jawa Barat sudah darurat sampah.

SB: Eka Santosa | Ketua Umum Gerakan Hejo

Pihak tuan rumah yang memberi kesempatan ujicoba kehandalan mesin Stungta, Yudi Raksa, berharap yang terbaik penanganan sampah di perdesaan maupun perkotaan di Jawa Barat.

SB: Rd. Yudi Raksa Samudra, ST, MAP | Seksi Persampahan Dinas PUPR

Mesin ini juga sangat mudah dioperasikan meski oleh lulusan SD sekalipun. Sebut saja Yudi yang menjadi operator mesin Stungta ini.

SB: Yudi | Operator Mesin Stungta

Siapa pun itu, selama pro lingkungan dan menangani sampah dengan cara benar dan berdaya guna, perangkat daerah mestinya memberi dukungan, termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.  

Hari Safiari/ Isur Suryana melaporkan ....

No comments