Ormas BBC Lahirkan BBC Environment | Revitalisasi Tangkuban Parahu & DAS Citarum


BANDUNG - Berlokasi di salah satu café di sekitar Jalan Lodaya Kota Bandung pada Sabtu, 21 Desember 2019, tim adhoc Ormas BBC mendeklarasikan terbentuknya BBC Environment Programmes. “Dasar legalitasnya ini ada  Surat Tugas Ormas BBC tertanggal 27 Agustus 2019 Nomor 01/ST/VIII/2019 yang ditandatangani Mugi Sudjana selaku Ketua Umum,” ujar Dadang Somantri, Ketua DPD Bandung Barat.

Ia menjelaskan, “Penugasannya demi mensukseskan Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang ‘Revitalisasi’ DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum, dan Pergub No. 28 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum.”

Dalam pendeklarasian ini sedikitnya ada 13 nama pegiat lingkungan yang menandatangani dokumen pertama pembentukan BBC Environment Programmes, antara lain: Wing Nurtantio, Denny Priadi Nur, Harri Safiari, Aspara Septa, Yahya Hendra W, Dadang Somantri, Johnny Sibarani, Saeful Anwar, Adi Suhenda, Ronius H, Iyan Taryana, Edwar, dan Suryana.

“Segera dokumen ini akan kami laporkan ke Ketum DPP Ormas BBC Kang Mugi Sudjana. Terpenting, hari ini sudah dirintis sayap organisasi yang peduli sepenuhnya terhadap kelestarian dan pengembangan lingkungan di Jawa Barat,” papar Wing Nurtantio yang untuk sementara ini berprakarsa sebagai koordinator deklarasi ini.

Lebih jauh menurut Wing Nurtantio ribuan anggota dan simpatisan Ormas BBC yang kini tinggal atau berhubungan langsung, maupun tak langsung dengan dua icon yang senantiasa hit maupun hot keberadaannya di Jawa Barat dengan aneka permasalahannya, yakni  sungai Citarum dan Kawasan destinasi wisata Kawah Tangkubanparahu.

“Dihimbau, semua harus peduli atas keberadaan dan kelangsungannya bagi generasi mendatang, khususnya sekitar 27 juta warga Jabar. Citarum yang panjangnya 297 km dengan DAS  seluas 562.958 ha, mengairi sedikitnya tiga waduk (Cirata, Saguling, dan Jatiluhur), sebagai penyuplai listrik 1.400 MW di Pulau Jawa dan Bali, untuk irigasi, dan pasokan air minum hingga ke DKI Jaya, kita harus  memeliharanya sesuai kemamuan.  Begitu juga Kawasan di sekitar Tangkubanparahu yang total luasnya 1.660 ha (1.290 ha Cagar Alam & 370 ha Taman Wisata Alama). Minimal fokus untuk dua obyek vital ini,” paparnya.

Sementara itu menurut aktivis lingkungan Johnny Sibarani yang juga Ketua DPD Ormas BBC Kota Cimahi ini, inisiatif pembentukan BBC Environment yang untuk sementara ini menempati sekertariat di Jl. Palasari No. 42 B merupakan hal yang strategis.

”Bila kita hanya sebagai penonton, celaka-lah. Setidaknya segenap anggota dan simpatisan Ormas BBC harus berpartisipasi aktif dalam hal pencegahan kerusakan lingkungan dalam berbagai bentuk. Minimal, kita dapat memunculkan kepekaan, agar terhindar dari kerusakan lingkungan yang semakin mengancam,” tutupnya yang diamini rekannya tokoh budaya ‘Abah’ Aspara Septa.(Harri Safiari/Isur)

No comments

Powered by Blogger.