FST UIN SGD Bandung Gelar Studium General Bersama Profesor Yo Ichikawa


BANDUNG - Untuk meningkatkan kualitas akademik menuju World Class University (WCU), Program Studi Kimia, Fisika, Elektro Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN SGD Bandung menggelar Studium General bersama Prof. Yo Ichikawa, Mitsuhiro Honda, Takuya Yamada, Hiroyuki Oya dari Departement of Physical and Engineering Nagoya Institute of Technology (NITech) Jepang yang berlangsung di Aula FST, Senin, (26/01/2020).

Kegiatan ini dibuka Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr.Yudha Satya Perkasa, M.Si, yang dihadiri Wadek III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Aep Saepuloh, M.Si, Wadek II Bidang AUPK, Dr. Elis Ratna Wulan, MT, Ketua Prodi, Kapala Bagian Tata Usaha dan mahasiswa.

Wadek I menjelaskan, studium general ini diharapkan menjadi awal positif untuk menjalin kerjsasama akademik antara Nagoya Institute of Technologi, Jepang, dengan Sains Dan teknologi UIN SGD Bandung.

“Momen ini sangat bagus, dengan mendatangkan Prof.Yo Ichikawa semoga bisa terjalin kerjsama dalam bidang material fisika dan kimia serta kedepan  ada pertukaran mahasiswa antara kedua institusi,” tandasnya.
 
Inti dari studium general adalah memberikan informasi dan pencerahan tentang tema-tema penelitian yang ada di Jepang serta menjelaskan prosedural jika mahasiswa FST melakukan studi atau riset.

Wadek III Dr. Aep Saepuloh sangat mengapresiasi studium general  seraya  berharap dengan kegiatan ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa untuk melanjutkan studi ke  luar negeri, khususnya ke Jepang.

“Kegiatan ini sangat positif untuk memotivasi kepada semua mahasiswa FST belajar ke luar negeri (Jepang), sehingga SDM kita bisa meningkat, dan Visi Misi UIN SGD Bandung menjadi Word Class University bisa terwujud," tandasnya.
 
Menurutnya untuk kedepan pihak FST akan membentuk tim khusus untuk memotivasi dan mengakselerasi mahasiswa yang mau studi ke luar negeri.

Prof. Yo Ichikawa, Mitsuhiro Honda, Takuya Yamada, Hiroyuki Oya, memiliki keahlian di bidang material katalis TiO2. Dalam pemaparannya, Prof. Yo Ichikawa, memperkenalkan program beasiswa MEXT, dari pemerintah Jepang dan beasiswa AICHI yang tergabung dalam program IGPE dengan NITech sebagai salah satu inisiator program tersebut.

Adanya pertukaran perlajar dan kolaborasi riset menjadi kesepakatan bersama antara NITech dengan FST UIN SGD Bandung.[rls/IS]

Humas UIN SGD Bandung

No comments

Powered by Blogger.