Peluncuran Situs FTK UIN SGD Untuk Tingkatkan Peringkat Webometric

Share:


PANGANDARAN - Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pembelajaran di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung diluncurkan website resmi FTK (www.ftk.uinsgd.ac.id).

Pernyataan itu disampaikan Dekan FTK, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed didampingi Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag, Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Hariman Surya Siregar, M.Ag, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Drs. Mumu Abdurrahman, M.Pd dalam acara Rapat Kerja FTK bertajuk "Menuju Fakultas Tarbiyah dan Tarbiyah yang Unggul dan Kompetitif" di Hotel Pantai Indah, Pangandaran, dari tanggal 22-23 Januari 2020.

Acara raker FTK 2020 diikuti 208 peserta, dihadiri Sekretaris Senat Universitas Prof. Dr. H. Idzam Fautanu, MAg, Wakil Rektor I  Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag, Wakil Rektor II Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag, Wakil Direktur I Pascasarjana Prof. Dr. H. Supiana, M.Ag, Sekretaris Eksekutif Rektor Prof. Dr. H. Uus Ruswandi, M.Pd.
 
Dekan FTK menjelaskan program prioritas; pertama, jurnal Pendidikan Islam (JPI) menuju akreditasi scopus; kedua, akreditasi Internasional AUN QA untuk Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan ASIIN untuk Prodi Pendidilan Matematika; ketiga, prestasi kolaboratif dosen dan mahasiswa nasional dan internasional melalui program penelitian dan Pemberdayaan kepada masyarakat; keempat, review kurikulum berbasis OBE; kelima, visitasi 5 program studi, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Madrasah Iftidaiyah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia; keenam, kerjasama kelembagaan bidang pendidikan; ketujuh; peningkatan pelayanan inline bidang administrasi persuratan.

Kontribusi Positif
Salah satu cara untuk mewujudkan UIN SGD Bandung yang unggul, kompetitif menuju World Class University (WCU). "Dengan dilaunchingkan website resmi FTK diharapkan dapat ikut memberikan kontribusi positif dalam rangka menciptakan kampus yang unggul, kompetitif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pembelajaran," jelasnya.

 
Menurutnya, kehadiran Website FTK memiliki peranan penting di era digital untuk meningkatkan peringkat webometric. "Mulai dari pelayanan terpadu mahasiwsa, sitasi, tulisan mahasiswa, dosen yang dipublikasikan dapat menjadi bahan ajar dan proses pembelajaran, sampai dapat meningkatnya posisi webometric," paparnya.

Layanan digital pada situs FTK ini terdiri dari layanan terhadap mahasiswa yang akan mendaftar Sidang Munaqosah, Seminar Ujian Profosal (UP); Portal Sistem Informasi Layanan Akademik Mahasiswa (Salam), survey kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. "Semua layanan digital ini dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu pembelajaran, khusunya di FTK," tandasnya. 
 
Dekan FTK berharap semoga dengan adanya web ini, pelayanan prima dapat dilakukan terus oleh fakultas dan mempermudah pelayanan lainnya terutama dalam bidang akademik dan persuratan. "Hadirnya program prioritas, web fakultas, dan media sosial diharapkan dapat memberikan impact positif terhadap perkembangan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), terutama untuk mendukung UIN SGD Bandung mencapai IKU-IKK, perjanjian kinerja dan 9 kriteria BAN PT," tegasnya.

Cara lain yang dapat meningkatkan layanan dengan memberikan penghargaan terhadap jurusan, program studi yang melakukan rekapitulasi nilai sesuai jadwal yang diberikan langsung oleh Dekan FTk kepada Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Dr. Ida Farida, M.Pd., "Mudah-mudahan pemberian award pada semester ganjil kepada Prodi Pendidikan Kimia dapat terus menjadi energi positif dan berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan," jelasnya.

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si sangat mengapresiasi ikhiar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) untuk meningkatan peringkat UIN SGD Bandung pada Webometric. "Saya atas nama pimpinan merasa bangga dengan segala iktiar dan capaian Fakultas Tarbiyah, terlebih lagi dengan tradisi raker yang melibatkan kebersamaan dengan keluarga. Rasanya tidak elok jika bapak, ibu kebahagiaan dalam bekerja, maka dipastikan ada peran keluarga yang ikut mendukung atas kesuksesan dalam pekerjaan," ujarnya.        

Mengenai Webometrics, hasil pantauan www.webometrics.info, yaitu suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas yang berbasis di Spanyol dengan melakukan pemeringkatan tiap semester dalam setahun, yakni pada bulan Januari dan Juli yang dipublikasikan pada 30 Juli 2019 dengan rilis pemeringkatan 22 ribu perguruan tinggi di dunia, dan 361 perguruan tinggi di Indonesia UIN SGD Bandung masuk peringkat Perguruan Tinggi ke-4330 di dunia dan ke-50 di Indonesia.

Walapun masih tertinggal jika dibandingkan dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ke-4138 di dunia dan ke-42 di Indonesia; UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang masuk peringkat ke-4202 di dunia dan ke-46 di Indonesia; UIN Sultan Syarif Kasim Riau ke-4255 di dunia dan ke-48 di Indonesia.

Ada empat komponen yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics ini, presence, impact, openness, dan excellence. Dengan komposisi penilaian presence : 5 %, impact: 50%, openness : 10%, excellence: 35%.[rls/IS]

Humas UIN SGD Bandung

No comments