AKTUAL

Sunday, January 12, 2020

[VIDEO] Cara Hafal AlQuran 30 Juz di Usia Belasan Tahun | Pengalaman Muhammad Anis Fuadi




Sudah akrab di telinga kaum muslimin bahwa para ulama besar yang sampai sekarang menjadi rujukan kaum muslimin, telah hafal Al-Quran pada usia yang masih sangat belia. Mereka itu antara lain:

1. Imam Syafi’i (150 H-204 H). Hafal Al-Quran ketika usia 7 tahun.
2. Imam Ath-Thabari (224 H – 310 H), hafal Al-Quran pada usia 7 tahun
3. Umar bin Abdul Aziz hafal Al-Quran saat masih kecil
4. Ibnu Sina (370 H- 428 H), Hafal Al-Quran umur 5 tahun.
5. Ibnu Qudamah (541 H – 620 H). Hafal Al-Quran usia 10 tahun.
6. Imam Nawawi. Hafal Al-Quran sebelum baligh.
7. Imam Ahmad bin Hambal. Hafal Al-Quran sejak kecil.
8. Ibnu Khaldun (732 H- 808 H). Hafal Al-Quran usia 7 tahun.
9. As-Suyuthi (w: 911 H), hafal Al-Quran sebelum umur 8 tahun
10. Jamaluddin Al-Mizzi (w: 742 H), hafal Al-Quran saat kecil.
11. Ibnu Hajar Al-Atsqalani (w: 852 H) hafal Al-Quran usia 9 tahun.

Apakah keistimewaan itu khusus diberikan Allah kepada para imam saja, atau dapat diduplikasi (ditiru) kapan saja selagi kita punya kemauan dan usaha? Hari ini, pertanyaan itu sudah mulai terjawab. Saat ini banyak anak-anak masih usia belia sudah menjadi penghafal Al-Quran. Karena ketekunan, doa dan usaha orangtuanya dengan para ustadz/ustadzah.

Contoh nyata saat ada gelar wisuda para penghafal cilik dari Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah, Mengger Kab. Bandung. Sekolah setingkat SD ini sengaja membentuk dan mencetak para penghafal alquran, menyongsong generasi calon pemimpin umat di masa depan.

Jika ada ulama besar wafat sering kita prihatin karena sulit mencari penggantinya. “maatal ‘Alim Maatal ‘alam“ seakan alam juga mengalami kematian.

Perlu penghafal Al-Quran disiapkan sedini mungkin. Karena tak hanya menghasilkan hafalan Al-Quran, tetapi hakikatnya mereka melatih kecerdasan luar biasa. Kita sepakat, seseorang dikatakan berilmu jika sanggup menguasai ilmu itu di luar kepalanya alias (hafal).

Salah satu lulusan sarjana hebat generasi saat ini, ialah Muhammad Anis Fuadi, S.Ag, jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir dari UIN SGD Bandung. Ia lulusan berprestasi bidang tahfidz Quran 30 juz. Anis Fuadi sudah hafal alquran 30 juz sejak mulai masuk SMP.

Ada beberapa catatan penting Anis Fuadi agar kita bisa cepat hafal quran. Untuk itu, sebaiknya simak baik-baik langkah-langkah yang Anis Fuadi lakukan agar kita bisa hafal quran 30 juz saat usia masih belasan tahun. Berikut penuturannya:

SB: Muhammad Anis Fuadi, S.Ag | Sarjana Ilmu Alquran dan Tafsir Hafiz 30 Juz

Ketika di usia belia sudah hafal Al-Quran, maka pada usia selanjutnya sangat potensial untuk menguasai ilmu lain.

Para psikolog  menyimpulkan, jika seseorang dikembangkan potensinya ia akan sanggup menguasai enam disiplin keilmuan (Bintang-bintang Pelajar). Tak heran jika Al-Farabi, Ibnu Sina, Alhawarizmi menjadi terkenal sebagai ilmuan di bidangnya sekaligus sebagai ‘alim (ulama besar) di zamannya.

Isur suryana melaporkan ...

No comments:

Adbox