GPAN & BNNP DKI Tes Urine Bagi Karyawan PT SICEPAT | Dua Dinyatakan Positif Narkoba

Share:


JAKARTA - Sedikitnya 50 karyawan PT SICEPAT yang beralamat di Jln Pancoran Timur Raya No. 9 Jaksel menjalani tes urine yang dilakukan Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN) bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta, Rabu 12 Februari 2020.  Dari hasil tes urine tersebut, dua orang dinyatakan positif.

Dalam gelar tes urine yang dipimpin Ketua Umum GPAN Brigjen Pol (P) Drs. Siswandi tersebut didampingi para Duta Narkoba yang juga senior Srimulat seperti Tessy, Joko Dewo, dan Bagong serta para pengurus DPP GPAN lainnya. Uji tes urine dilakukan BNNP yang memiliki alat lengkap.

PT. SICEPAT adalah perusahaan yang bergerak di bidang ekspedisi barang. Tes urine diberlakukan bagi mereka bertujuan untuk menjaga beredarnya narkoba. Tes urine tahap 1 ini dilakukan di perusahaan secara dadakan.

"Test Urine tahap 1 sebanyak 50 karyawan. Apabila ada yang positif dalam test urine ini, maka kebijakan sanksi diserahkan kepada perusahaannya," ungkap Wardaniman Larosa, SH, MH, CLA selaku Legal Perusahaan PT. SICEPAT.

Sementara Ketua Umum GPAN Brigjen Pol (P) Drs. Siswandi, berharap seluruh perusahaan melakukan tes urine bagi karyawannya. "Tujuannya untuk mengetahui peredaran narkoba, mencegah dan penindakan pihak aparat," tandas Siswandi sambil menambahkan terhadap yang positif narkoba GPAN siap memberikan pembinaan agar pengguna bertobat dan berobat.
 
Sedangkan aturan yang mengharuskan perusahaan mengadakan tes urine tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: Per.11/Men/Vi/2005 Tahun 2005 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya di Tempat Kerja (Permenakertrans 11/2005), khususnya dalam Pasal 2 ayat (1) Permenakertrans 11/2005 yang berbunyi:

“Pengusaha wajib melakukan upaya aktif pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya di tempat kerja.”

Selepas pelaksanaan tes urine, Ketum GPAN Siswandi dan para Duta Narkoba menjelaskan tentang bahaya narkoba terhadap para karyawan didampingi Tessy Simulat, Joko Dewo dan Bagong. Selain menarik perhatian para karyawan juga penjelasan soal bahaya narkoba mudah difahami oleh para karyawan.(isur)

No comments