Imbauan Akademisi UIN Bandung Cegah Virus Corona | Humanis dan Perlu Berdoa Bersama

Share:



VIRUS Corona sulit dibasmi karena hingga saat ini para ahli kesulitan menemukan penawarnya. Bahkan, seperti diberitakan media di seantero dunia, banyak korban berjatuhan akibat virus, salah satunya Virus Corona.


Upaya para ahli medis sudah sampai pada titik nadir. Lebih heboh lagi, Indonesia juga terkena virus mematikan itu. Dua orang tercatat meninggal dunia akibat virus tersebut. Pemerintah Arab Saudi saja menolak kedatatangan jemaah umroh karena dicurigai ada WNI yang terinfeksi Virus Corona.

Kalangan kampus perguruan tinggi kini ramai-ramai membicarakan masalah kehadiran Virus Corona di negeri ini. Namun, mereka yakin jika virus ini hanya bisa dicegah dengan pola hidup sehat, bersih, dan tidak menjalankan perbuatan keji dan maksiat.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN SGD Bandung, Dr. H. Setia Gumilar, S.Ag,M.Si, perlakuan tim medis maupun masyarakat terhadap korban yang terinfeksi Virus Corona harus humanis.

"Berikan kesempatan orang yang terjangkit virus Corona untuk mendapatkan harapan sembuh," kata Setia saat ditemui di kantornya, Selasa (3 Maret 2020). Tetapi penting juga untuk diimbau kepada masyarakat agar memuliakan para korban yang terjangkit untuk trauma healing.

Setia Gumilar juga sepakat kalau warga yang terjangkit untuk diisolasi, tetapi itu bukan berarti diasingkan dari kehidupan masyarakat. Hal itu hanyalah beberapa saat untuk mencegah penyebaran virus. Keluarga korban sebaiknya berdoa memohon pertolongan Allah, karena semua penyakit berasal dari perintah-Nya dan DIA juga yang akan mengangkatnya.

"Saya mengimbau untuk melaksanakan doa bersama agar wabah penyakit menular yang disebabkan Virus Corona itu segera dimusnahkan dari Bumi Nusantara ini," ajak Setia.

Sementara itu, agar puluhan ribu mahasiswanya tidak tertular virus mematikan tersebut, Rektor UIN SGD Bandung Prof Dr Mahmud MSi, mengimbau mahasiswa dan sivitas akademika lainnya untuk mencegah datangnya virus Corona.

Imbauan tersebut rektor sebar melalui Instagram berupa disain grafis foto dirinya yang memuat imbauan: "Pencegahan Corona Virus untuk Civitas Akademika".

Butir-butir imbauan rektor itu antara lain: sering mencuci tangan dengan sabun; gunakan masker bila batuk atau pilek; konsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah; hati-hati kontak dengan hewan; rajin olahraga dan istirahat cukup; makan makanan yang dimasak sempurna; bila batuk, pilek dan sesak nafas segera pergi ke fasilitas kesehatan.[isur]

No comments