UIN Bandung Peduli Masyarakat Sekitar Terdampak Virus Corona

Share:


BANDUNG - Rektor UIN Bandung,  Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si didamping Wakil Rektor 2, Dr. H. Tedi Priatna,  M. Ag dan Dekan Fakultas Saintek,  Dr. Hj Hasniah Aliyah, M.Si,  menyerahkan bantuan Hand Sanitizer secara simbolik kepada perwakilan tokoh masyarakat Bandung Timur yang berlangsung di Gedung O. Djauharuddin AR, Senin (23/03/2020).   

Hand Sanitizer (Pembersih tangan) yang disumbangkan tersebut merupakan produksi dari Laboratorium Prodi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FSH) UIN Bandung didukung oleh Lazis Baitul Hikam Bandung.

Pada kesempatan itu,  Rektor menyampaikan harapannya kepada Lab Prodi Kimia,  Fakultas Saintek untuk terus memproduksi produk yang kini tengah dibutuhkan masyarakat, "Kini saatnya UIN Bandung untuk jadi anfaauhum li annas (paling bermanfaat diantara manusia)" paparnya.

Rektor menjelaskan, "Masyarakat kini sedang ditimpa musibah. Maka UIN Bandung perlu hadir ke tengah mereka melalui 2 Pendekatan,  yaitu melalui medis dan Agama. Melalui medis, membantu masyarakat untuk jaga jarak,  tidak berkerumun,  tidak bersentuhan, memakai masker, serta membiasakan hidup sehat dan bersih,  seperti sering mencuci tangan, memakai handsanitizer" paparnya.

"Melalui pendekatan agama, antara lain dengan mendawamkan wudhu, serta semakin dawam memanjatkan doa dan mohon perlindungan kepada Allah". Jelasnya.

Rektor juga mengingatkan, "Dengan peristiwa ini, tidak ada alasan untuk pesimis. Setiap orang kini dituntut untuk mengambil pelajaran. Diantaranya melalui saling meningkatkan kepedulian kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu,  Warek 2, Dr. H. Tedi Priatna, M. Ag, menjelaskan, "UIN Bandung memprogramkan untuk terus memproduksi hand Sanitizer guna didistribusikan,  selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kampus juga masyarakat lingkungan kampus" ungkapnya.

Pernyataan tersebut diamini Kapus Pengabdian kepada Masyarakat,  Dr. H. Aep Kusnawan,  M. Ag bahwa "UIN Bandung berupaya hadir di tengah masyarakat, melalui potensi Pengabdian yang dimiliki. Tiap prodi memiliki potensi pengabdian yang khas. Salah satu prodi yang kini tengah didayagunakan kekhasan pengabdiannya yaitu Prodi Kimia,  melalui produk hand sanitizer yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan".

Pembagian produk Prodi Kimia ini kerjasama dengan Lazis Baitul Hikam, Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Dr. H. Aep Saepuloh, M.Ag, berharap, "Semoga masyarakat, dengan ini terbantu melindungi dirinya dari wabah virus corona," tuturnya.[rls/IS]

No comments