Siswandi Bangga Moch Fachrudin Jadi Wakasad TNI | "Itu Sahabat Saya Waktu Bertugas di Cirebon"

Share:


"Lha, itu kan sahabat saya waktu sama-sama bertugas di Cirebon. Beliau Dandim, saya Kapolresta". Begitulah kalimat yang meluncur dari mulut Brigjen Pol (P) ADV Drs Siswandi, Ketua Umum Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN).

Betapa tidak, Siswandi agak terperangah begitu mengetahui nama yang disebut-sebut dalam siaran televisi dan media online itu tidak asing baginya. Nama itu kini menjabat Wakil Kepala Staf TNI AD, dialah Moch Fachrudin.

Dua pejabat dalam koordinasi Walikota Cirebon waktu itu, tahun 2002, yakni Dandim dan Kapolresta, memegang peranan amat penting dalam keamanan dan pertahanan wilayah utara Jawa Barat. Waktu itu  Fachrudin berpangkat Letkol TNI dan Siswandi berpangkat AKBP. Kota Cirebon benar-benar dalam genggaman dua pria gagah itu.

"Keselamatan teritorial dan sosial, tanggung jawab kami berdua. Makanya saya sering berkoordinasi dengan beliau waktu itu. Sekarang, di Jakarta posisi beliau menjabat Wakasad TNI, jujur saja saya sangat bangga. Itu sahabat saya," kata Siswandi kepada pers, di Jakarta, Minggu (5 April 2020).

Sejak masing-masing pindah tugas dari Cirebon sekitar 18 tahun, sahabatnya yang mantan Dandim 0614/Kota Cirebon (2001) itu meniti karir hingga memiliki bintang tiga dan menjadi Wakil Kasad TNI.  "Terharu sekaligus bangga. Mantan Kapolresta Cirebon Mengucapkan Selamat dan Sukses buat Sahabatku Letjen TNI Fachrudin," kata Siswandi yang saat ini berprofesi sebagai advokat.

Siswandi pensiunan jenderal polisi bintang satu yang masih aktif di kegiatan sosial itu juga menyatakan bangga Indonesia memiliki Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) yang baru, Letnan Jenderal TNI Moch. Fachrudin, S.Sos, kelahiran 14 November 1962 jebolan Invanteri, lulusan Akmil 1985, juga mantan Pangdam Iskandar Muda.

Berdasarkan SK yang turun hari Jumat 3 April 2020, Moch Fachrudin resmi dinyatakan sebagai Wakasad dibawah garis Komando Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Tentu saja, dengan jam terbang yang solid di Angkatan Darat, berpengalaman di bidang Invanteri, Moch Fachrudin bakal membantu kinerja Kasad yang memiliki mobilitas tinggi itu.

Kata Siswandi, apalagi di tengah pendemi Covid-19 di negara ini, amat sangat ditunggu keputusan keputusan serta ide-ide cemerlang jenderal bintang tiga itu. "Sekali lagi saya ucapkan selamat bertugas, jenderal!!" pungkas Siswandi.[isur]

No comments