Joko Dewo Ketemu Didi Kempot Serba Sekilas | Berikut Tulisannya ...

Share:


#Didi Kempot serba Sekilas
@by : Joko Dewo. ----

YA...  hanya serba sekilas dengan Didi Kempot. Sekilas ketemu waktu di kawasan perempatan Slipi Jakarta Barat. Beberapa pengamen bis kota dan angkutan umum yang Saya kenal ada Marche cs. termasuk Didi Kempot (Kelompok Pengamen Trotoar) ada disitu. Sekilas juga Saya ketemu Untung Blangkon yang memang didikan seorang Dono Warkop Maestro Komedi Indonesia. Sekilas lagi sudah ada di kontrakan di kawasan Kampung Makassar Jakarta Timur, dekat kediaman Mamiek Prakoso Srimulat dan khas dengan kediaman para Senior Srimulat.

Didi Kempot tak jauh beda dengan mBah Surip "Si Bangun Tidur" yang Saya kenal di kawasan Bulungan, markas besar KPJ (Kelompok Pegamen Jalanan) yang melahirkan Seniman Viral juga seperti Kuntet Mangkukangit (pencipta lagu Judul Judulan). Bulungan lebih menjadi tempat tongkrongan para Seniman Jalanan yang berkelas dari mulai Iwan Fals, Anto Baret, Tony Kiu Rastafara dan musisi seperti Setiawan Djody. Banyak lagi termasuk tempat kumpulnya Sineas seperti Teguh Karya, Slamet Raharjo, Alex Komang, Neno Warisman, Renny Djajusman dll.

Sekilas lagi dengan Didi Kempot, yang Saya buru dari mulai Solo, Ngawi hingga Semarang hanya untuk mengisi program acara sebuah tayangan Campursari Es Campur Es stasiun televisi TV7 (permintaan Groto Triatno Manager Program).

Didi Kempot mulai sering bolak balik ke Suriname, setelah Saya barengan dengan Titiek Puspa, Vonny Sumlang, bu Waldjinah dan Congrok 17 Semarang, selalu mempersembahkan lagu lagu dan hiburan khas Jawa sebagai kangen masyarakat Suriname dan lagu lagu Campursari Didi Kempot sangat diminati.

Sekilas bangga lagi dengan seorang Didi Kempot, ketika Konser Amal yang bisa mengantongi sekitar tujuh koma enam Milliar Rupiah, di tengah situasi dibangun tempat pesakitan bagi pengobatan Covid-19 dan seorang Kempot (panggilan yang akrab), mampu meredam rasa was was sebagai sebuah Kepedulian sesama Umat Manusia.

Konser Amal diperuntukkan kepada siapa saja yang perlu dibantu dan membantu tidak mengenal sipit belang hitam putih Suku Agamanya.

Sekilas tambahan bahwa seorang Didi Kempot, tembang tembang yang khas syair lyrik berbahasa Jawa, tetap terasa Indonesia yang sesungguhnya dan Didi Kempot seniman made in Indonesia.

Sekilas bagi yang sudah memberi tanda jadi bagi Konser Acara dan semoga mengikhlaskannya, Saya yakin Gusti Allah mboten sare dan akan mengganti berlimpah dengan kesejukan jiwa serta bablaslah Corona. Semangat kembali para Seniman untuk berkiprah, mengisi hiburan yang tidak hanya sekedar tontonan saja, tapi menjadi tuntunan bagi jati diri Budaya Bangsa Indonesia.

Surga bagimu Didi Kempot.
Bojong Gede Bogor, 06052020.

No comments