Ketum GPAN Siswandi: "Jangan Pernah Coba-Coba dengan Narkoba"

Share:

Dulu Narkotika Trend Geng Berandalan
Sekarang Narkoba Jadi Trendi Para Artis


BANYAK pertanyaan dari masyarakat umum dan netizen termasuk kalangan media bahwa narkoba selalu identik dengan selebritis, artis, aktris, aktor, pejabat, pesohor, pengusaha, dan kalangan papan atas lainnya. Sebut saja kalangan artis, hampir setiap bulan ada saja satu artis tertangkap karena menggunakan narkoba jenis psikotropika.

Saat konferensi pers dengan sejumlah awak media, beberapa hari lalu, Ketua Umum Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN) Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi mengatakan, tren di dunia artis pemakaian narkoba itu untuk daya tahan tubuh, ketahanan fisik, menurunkan berat badan, dll, itu hanyalah alasan pembenaran belaka.

Tetapi lama kelamaan jadi 'kecemplung' alias terjerumus. Awalnya coba-coba, setelah coba-coba dia tidak bisa keluar dari ketergantungan. Paling parah dari alasan mereka untuk menghilangkan stres atau depresi.

"Tetap saja itu alasan pembenaran mereka. Dia tidak pernah diobati, tidak pernah rehabilitasi. Betul akan terus berlanjut kalau dia sudah coba-coba menjerumus ke pengguna, dia akan menjadi pecandu. Inilah sangat disesalkan," papar Siswandi.   

Kata Siswandi yang mantan petinggi BNN Pusat ini, masih banyak lagi temen-temen kita, artis-artis yang belum kapok. "Ntar kalau sudah ketangkep baru dia tahu," tandasnya.

Barang haram yang digunakan para selebriti itu rata-rata jenis psikotropika golongan III, seperti yang tercantum dalam UU No. 5 Tahun 1997 Pasal 62, psikotropika golongan III. Golongan tiga itu ancaman lima tahun penjara denda 100 juta.

Ditandaskan, apakah penyidik membuktikan dia pengedar atau pecandu? Kalau dia korban yang terjerumus, maka itu hukumannya harus rehabilitasi.

"Kalau rehabilitasi silahkan jalan, karena rehabilitasi itu juga hukuman, tempatnya bukan di penjara. Apalagi Menkumham sudah membebaskan 30 ribuan narapidana. Apa dia mau masuk lagi?" pungkasnya.[isur]

No comments