Rapat Koordinasi Penguatan Kerjasama PTKIN Melalui Aplikasi Zoom

Share:

INTRONEWS - Dalam rangka pembinaan dan pengembangan program kerjasama pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Direktorat PTKI, Ditjen Pendidikan Islam mengadakan kegiatan "Rapat Koordinasi Penguatan Kerjasama PTKIN dan Penyerahan SK Forum Bidang Kerjasama" melalui aplikasi zoom meeting, Jumat (16/5/2020) Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama M. Adib Abdushomad, M. Ed., Ph.D didapuk menjadi moderator acara tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., dipercaya menjadi Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Kementerian Agama periode 2020-2023. 

Berdasarkan Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 2421 Tahun 2020 tentang Susunan Pengurus Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Kementerian Agama periode 2020-2023 yang ditetapkan di Jakarta pada 10 Maret 2020. 

Sekitar 67 peserta yang terdiri dari Direktur PTKI, Kasubdit, para wakil rektor bidang kerjasama se-Indonesia, Kabag Kerjasama, Kasubag Kerjasama, sampai Internasional Office mengikuti Rapat Koordinasi ini. 

Acara diawali arahan dari Direktur PTKI Kementrian Agama RI, Prof. Dr. Arskal Salim GP., MA "yang sangat mengapresiasi gagasan Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama serta panitia atas terselenggaranya acara Rakor Warek Kerjasama dan peng-SK-an Forum Warek Kerjsama Se-Indonesia," tandasnya.
 
Direktur berpesan penguatan berjejaring dari tingkat nasional dan Internasional adalah kunci utama meningkatkan kualitas Perguruan tinggi Islam di bawah naungan Kementerian Agama RI.
 
Narasumber pertama Priyambudi, Ph.D yang merupakan senior lecturer at flinders University SA memaparkan tentang proses perkuliahan di luar negeri, keadaan kampus di luar negeri dan proses bagaimana bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri termasuk membuka jejaring dengan kampus yang ada di Indonesia. 
 
Kemudian moderator mempersilahkan pemateri kedua untuk memaparkan konsep dan langkah strategis dalam mengemban ketua Forum Warek Kelembagaan dan Kerjasama Prof. Ulfiah dalam paparannya menjelaskan: 
 
Pertama, Penguatan Bidang Kelembagaan dan Kerjasama Menuju Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Islam. Kedua, Menjalin Kerjasama Kampus Dalam dan Luar Negeri. Ketiga, Kemitraan Tridharma PTKIN dan PT Luar Negeri.
 
Sinergitas Warek Kerjasama dengan Kabag Kerjasama dan Internasional Office agar terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu, untuk mendukung daya saing bangsa.
 
"Semua hasil Rakor ini akan ditindaklanjuti oleh pengurus terpilih untuk melendingkan 3 program unggulan" pungkasnya.
 
Moderator mempersilahkan peserta rakor untuk ikut berpartisipasi dan urun rembuk. Dialog diakhiri dengan jawaban lugas oleh kedua narasumber. Acara berjalan lancar kemudian ditutup dengan ramah tamah saling sapa.[rls/IS]

No comments