Sharp Indonesia Donasikan 500 Sembako | Bantu Atasi Dampak Pandemi Covid-19

Share:


 

JAKARTA - Seminggu setelah memasuki bulan Ramadhan, pandemi Corona virus disease 2019 (Covid-19) masih membayangi Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Menurut situs resmi pemerintah Corona.Jakarta.go.id, hingga kini jumlah pasien positif telah mencapai lebih dari 4.400 pasien.

 

Keadaan ini mendesak pemerintah untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta pada 10 April lalu, setelah sebelumnya memberikan himbauan Work From Home (WFH).

 

Bagai buah simalakama, walaupun kebijakan ini dinilai dapat membatasi penyebaran virus, namun di sisi lain juga memberikan sentimen negatif terhadap terhadap kinerja bisnis dan ekonomi saat ini.

 

Pasalnya tidak sedikit perusahaan yang harus menghentikan operasional perusahaan sampai waktu yang belum ditentukan, akibatnya banyak pekerja yang nasibnya kini sedang tidak menentu.

 

Dampak ini juga dirasakan langsung oleh buruh harian yang menggantungkan nasibnya pada pekerjaan lapangan. Pada akhirnya, tidak sedikit warga di kota Jakarta yang mulai kesulitan untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena daya beli yang semakin menurun tiap harinya.

 

Berupaya untuk mengurangi dampak tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) melalui Andri Adi Utomo selaku Sr. Sales General Manager menyatakan, “Sharp Indonesia are here to help”, pesan pertama dan yang paling utama digaungkan. Bukan hanya isapan jempol semata, pernyataan ini didukung oleh aksi nyata yang telah dilakukan oleh Sharp Indonesia pada Kamis, 30 April lalu.

 

Melalui Human Initiative, perusahaan elektronik asal Jepang ini menyalurkan lebih dari 500 paket sembako. “Pada fase awal, kami berkonsentrasi untuk membagikan donasi sekitar kantor sales dan marketing, seperti di kecamatan Koja dan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kami telah menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti beras, minyak, gula dan makanan pokok lainnya”, terang Andri.

 

“Upaya ini kami lakukan agar pemenuhan kebutuhan sehari - hari warga sekitar tetap terjaga, terlebih pada bulan Ramadhan”, lanjutnya.

 

Diterima perwakilan Lurah Kelapa Gading Timur, Yesni Fisdiyanti selaku Sekretaris Kelurahan, menyatakan, “Saya mewakili Lurah dan warga Kelapa Gading Timur mengucapkan rasa terima kasih yang tidak terhingga atas bantuan donasi sembako untuk warga yang terdampak, bantuan ini akan kami salurkan kepada wilayah kami yang benar-benar membutuhkan, banyak lansia dan orang tua tunggal dengan penghasilan minimum mendiami wilayah kami, bantuan ini akan benar-benar sangat membantu mereka”.

 

Hal yang sama pun dinyatakan oleh Lurah Koja, Jakarta Utara, Frimelda Novianti. Warganya banyak yang terdampak akibat wabah ini, sebagaian besar warganya memiliki pekerjaan sebagai sebagai tukang ojek dan buruh pelabuhan, “bantuan ini benar-benar sangat membantu sekali, terima kasih Sharp”, ucapnya.

 

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan pula, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti Untuk Negeri, Sharp Indonesia juga mendistribusikan bantuan kepada partner-partner yang dengan setia mendukung kinerja perusahaan, sebagai wujud kepedulian secara menyeluruh terhadap semua pihak.

 

Kepedulian perusahaan ini dapat tumbuh, sejatinya karena melihat budaya yang ada di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Agus Soewadjie selaku Assistant General Sharp Electronics Indonesia yang turut membagikan donasi secara langsung.

 

“Setelah berada di Indonesia lebih dari 50 tahun, Sharp belajar banyak dari sifat dan perilaku masyarakatnya. Memiliki solidaritas yang tinggi dan tidak ragu untuk mengulurkan bantuan merupakan salah satu dari berbagai hal positif yang dapat kami terapkan”.

 

Berkembang dari pemikiran sederhana tersebut, kini Sharp Indonesia telah mengaplikasikan kepedulian tersebut menjadi berbagai gerakan yang dipayungi oleh Sharp Cares, seperti kepedulian terhadap sesama, kepedulian terhadap stabilitas industri, dan juga kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga kehadiran perusahaan, memberikan energi positif bagi lingkungan sekitar.

 

“Kami ingin memberikan energi positif di tengah-tengah kecemasan ini, agar Indonesia dapat bersatu dan dengan kompak melawan pandemi covid-19. Dengan begitu, harapannya aksi ini dapat melahirkan efek domino yang dapat mengakhiri pandemi ini”, lanjut Agus.

 

Program CSR Bakti Pada Negeri - Sharp Peduli, merupakan program yang diinisiasi dalam menyambut bulan suci Ramadan dan menjadi wujud perusahaan untuk mendukung anjuran pemerintah Indonesia dalam upaya untuk berkontribusi dalam membantu warga terdampak wabah Covid-19.

 

“Pada kesempatan ini, Kami Sharp Electronics Indonesia, turut mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, kami berharap bantuan ini pun dapat meringankan beban saudara-saudara muslim yang sedang menjalankan puasa,” tutup Agus.[rls/IS]

No comments