[VIDEO] Jangan Pernah Mau Konflik dengan Macan Tutul Jawa

Share:



Mengenal Lebih Dekat Macan Tutul

Macan tutul. Mendengar namanya saja sudah tercium aroma keganasannya. Padahal tidak semua orang pernah melihat langsung si pemilik gigi dengan kuku tajam ini. Sebagian orang barat menyebut macam tutul sebagai leopard.

Nama ilmiah hewan buas ini adalah Panthera Pardus. Ia memiliki sebagian besar warna tubuhnya yang terang, dihiasi bintik-bintik hitam pada bulunya.

Kita sebut saja bintik-bintik hitam itu sebagai ‘rosettes’ atau hiasan bunga mawar. Wah wah, ternyata hewan buas juga punya sebutan yang melankolis ya ... Bagaikan gadis cantik yang sedang berjalan di atas catwalk.

Nah kalau melihat yang satu ini mungkin penyebutannya berbeda. Padahal ia juga macan tutul. Hanya saja macan tutul ini berwarna hitam. Bulu gelap macan tutul ini membuat bintik-bintik pada dirinya sulit dilihat.

Macan tutul dapat ditemukan di timur laut dan sahara Afrika, Asia Tengah, India, dan Tiongkok. Tapi di Indonesia habitat macan tutul juga dapat ditemukan di Jawa Barat, seperti Gunung Syawal Ciamis.

Di Taman Safari Bogor Jawa Barat, kita bisa temukan penangkaran macan tutul yang kemudian akan dilepas di habitatnya.

SB: Didin | Petugas Penangkaran Taman Safari

Jangan pernah main-main dengan macan tutul, karena ia termasuk pelari cepat yang mampu berlari dengan kecepatan 58 kilometer per jam. Bahkan ia juga dapat melompat sejauh 6 meter. Dari sisi kemampuan itu, tentu saja manusia bisa kalah.

Macan tutul kebiasaannya menyendiri. Wilayah kekuasaannya selalu ditandai goresan di pohon, bau urine, dan kotorannya untuk memperingatkan macan tutul lain agar menjauh.

Macan tutul termasuk pendaki yang terampil. Mereka beristirahat di cabang-cabang pohon saat siang hari. Sangat kuat hingga mampu membawa mangsanya ke pepohonan, supaya hasil buruannya itu tidak dicuri. Loh memangnya ada begal juga di alam Satwa?

Macan tutul termasuk hewan yang aktif di malam hari. Mereka berkomunikasi satu sama lain melalui panggilan khusus, seperti menggeram saat marah dan mendengkur saat senang.

No comments