[VIDEO] Hari Jadi ke-14 Ormas BBC Secara Virtual Sukses Digelar | Mugi Sudjana Ciptakan Ketahanan Pangan Nasional

Share:


Sobat Intro,
INDONESIA akan makmur, kokoh, kuat, rakyatnya sehat-sejahtera jika seluruh desanya dikelola dengan baik. Jika tidak ada tangan yang menyentuhnya, maka organisasi masyarakat yang dipimpin Mugi Sudjana akan siap all-out mengelola segala komoditas di desa secara profesional dan prospektif.

Bisakah hal itu dilakukan? Tentu saja bisa. Ini ada resume yang didapat dari perayaan Hari Jadi ke-14 Ormas BBC secara online yang dipusatkan di kediaman Ketua Umum Ormas BBC Haji Mugi Sudjana, Sabtu 11 Juli 2020 lalu. Perayaan kali ini membuktikan kesepakatan dan kesanggupan para pimpinan ormas BBC di daerah. Dalam meeting aplikasi zoom, nampak sangat antusias para pimpinan ormas BBC di daerah untuk mengimplementasikan program ketua umum.
----
Baiklah kita mulai dari peringatan Hari jadi ke-14 ormas BBC. Tahun kemarin perayaan ulangtahun ormas BBC dihadiri setidaknya 2000 orang berikut acara fun bike. Berbeda kondisinya sekarang, perayaan hanya bisa dilakukan melalui jalur virtual. Pasalnya, pemerintah masih melarang adanya kerumunan massa lantaran wabah covid-19 masih mengincar manusia. Daripada beresiko, Mugi Sudjana akhirnya memutuskan memakai jalur teleconference menggunakan aplikasi Zoom. Ketua panitianya langsung dikendalikan Agustiar, Ketua Harian DPP Ormas BBC.

Meski persiapan hanya sebentar, tetapi acara perayaan ulangtahun ke-14 ormas BBC berlangsung meriah dan sukses. Memang tidak terkonsentrasi di satu tempat, tetapi jangkauan rapat akbar secara online itu melingkupi seluruh daerah di Jawa Barat.

Terbukti dari partisipan para pengurus DPD Ormas BBC se-Jawa Barat, mereka masuk dalam jaringan internet. Bertindak sebagai pengendali IT, Bebi yang juga organik ormas BBC. Bebi bertindak sebagai moderator sekaligus pengatur acara.

--sambutan Agustiar --

SB: Drs. Agustiar, MSi | Ketua Panitia HUT ke-14 Ormas BBC

Yang membuat besar harapan seluruh anggota, pengurus ormas BBC, dan masyarakat Jawa Barat pada umumnya, Ketua Umum Orma BBC Haji Mugi Sudjana menawarkan sejumlah ide brillian. Tiga gagasan besar Mugi Sudjana itu antara lain perkuat Ketahanan Pangan, Perbaiki Lingkungan Hidup, dan Sosialisasikan Mesin pemusnah sampah yang ramah lingkungan.

Dalam pidato virtualnya, selain menyapa seluruh pengurus Ormas BBC di daerah, Mugi Sudjana memaparkan masa depan Indonesia dimulai dari Jawa Barat. Kata tokoh khas berambut dan jambang serba putih ini, kita akan merubah pola hidup makan nasi menjadi makan kentang. Ribuan lahan terlantar di desa-desa akan ia sulap menjadi lahan produktif dan mengekploitasi komoditas kentang, jeruk lemon, pepaya, jagung, alpukat, jambu, singkong, kopi, dan tanaman pangan lainnya. Intinya, ia akan mengurangi impor beras dan beralih dari makan nasi ke makan kentang.

Dari sisi lingkungan hidup, Ormas BBC akan menjaga kelestarian lingkungan hidup agar tetap asri demi menghindari bencana alam. Membantu TNI/Polri mendukung Program Citarum Harum. Ikut serta menjaga seluruh sungai besar termasuk Citarum, Cisanggarung, dan Citanduy beserta anak dan cucu sungai lainnya.

Mugi Sudjana juga akan mensosialisasikan teknologi mesin pemusnah sampah yang ramah lingkungan, dibuat oleh anak bangsa dan sudah dilisensi lembaga terkait. Dan ada yang unik dari pidatonya, ia mendorong Yakob salah satu anggota ormas BBC seorang pengusaha untuk membuat pabrik plastik keresek berbahan dasar singkong. Keresek ini ramah lingkungan karena habis pakai bisa larut jika dicelupkan ke air mendidih.  

SB: H. Mugi Sudjana | Ketua Umum Ormas BBC

Di akhir acara, Mugi Sudjana mensimbolkan perayaan dengan pemotongan tumpeng. Congcot dipersembahkan untuk tokoh utama BBC Tempo Doeloe. Kemudian kepada pengurus DPP Ormas BBC dilanjutkan makan bersama. Para partisipan yang ada di sejumlah daerah bisa menyaksikan prosesi tersebut di layar henpon maupun laptop se-Jawa Barat.

Prosesi perayaan hari jadi ormas BBC ini menyesuaikan dengan kebiasaan baru mengedepankan protokol kesehatan dan selalu hidup bersih demi memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19.

Happy Bird Day Ormas BBC, panjang umur, murah rezeki, sehat dan bahagia. Semoga di situasi sulit seperti ini mampu membangkitkan semangat membangun Indonesia semakin baik. Menjadi contoh teladan ormas yang mengabdi kepada masyarakat menyongsong Indonesia jaya di kemudian hari.


  • Isur Suryana melaporkan ...

No comments