Siswandi Minta Kalapas Bertanggung Jawab Atas Kaburnya Napi Narkoba Terpidana Mati

Share:


INTRONEWS - Penegakan hukum telah tercoreng dengan kaburnya terpidana mati narkoba Cai Phang Pan dari Lapas Kelas I Tangerang, beberapa waktu lalu. Ketua Umum Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN) Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi meminta Kepala Lapas Tangerang bertanggung jawab.

Pernyataan Siswandi lebih disebabkan karena beberapa kejanggalan atas peristiwa yang dianggap memalukan itu. Mulai dari lambannya informasi kaburnya napi asal China tersebut, galian tanah tidak ditemukan di lokasi, alat-alat seadanya yang digunakan, hingga santainya Cai melenggang dari lubang got saat berhasil keluar dari lapas yang terekam CCTV.

Siswandi mengaku gemas dengan kaburnya sang bandar dan mengecam kelalaian petugas Lapas Kelas 1 Tangerang. "Mana pengawasan petugas kok tidak ketat. Itu 'kan narapidana yang divonis mati, seorang bandar besar narkoba. Kalapas harus bertanggung jawab,” tandas Siswandi.

Hasil analisa Siswandi, Cai tidak sendirian dalam usahanya menggali lubang hingga tembus ke gorong-gorong. Diduga ada orang lain yang berperan membantu Cai kabur. “Tidak mungkin sendirian. Jebol tembok lapas yang tebal itu makan waktu lah. Pasti ada yang bantu,” kata mantan petinggi BNN itu.[isur]

No comments