12 Jurus Jitu Cara Mempromosikan Toko Online Sobat

Share:

RABU 18 Maret 2009 kala itu, seseorang bercerita bahwa Kartu Nama adalah salah satu media pengenal diri yang efektif, apalagi jika sobat adalah seorang wirausaha. Dengan meninggalkan lembaran kartu nama kepada seseorang sama dengan sobat meninggalkan alamat yang permanen padanya.

Namun alamat sobat di kartu nama akan jauh semakin efektif jika tercantum nama website usaha atau Toko Online sobat. Hal ini bukan untuk gaya-gayaan namun pencantuman website atau toko online sobat merupakan salah satu strategi promosi dan model pemasaran masa kini yang paling ampuh.

Membuat website usaha atau Toko Online tak lagi sesulit dahulu, dengan banyaknya software dan tools pembuatan web di internet memudahkan orang membangun website usahanya. Hari ini website atau Toko Online tidak lagi hanya dimiliki oleh perusahaan besar atau lembaga usaha lainnya. Semuanya boleh memiliki dengan harga super murah.

Ketika Website usaha atau Toko Online telah sobat miliki, lalu bagaimana caranya untuk mempromosikan website usaha atau toko online itu agar lebih dikenal?

Untuk mempromosikan Website atau Toko Online ada 12 cara yang terbagi menjadi 2 langkah besar ,mau tahu? Simak saja ke 12 cara mempromosikan website usaha sobat;

A. Offline Marketing

1. Semua materi identitas usaha sobat mulai kartu nama, kop surat, brosur, amplop bahkan bila perlu stiker yang ditempel pada kendaran sobat tercantum alamat website usaha atau toko online sobat.

2. Cetak alamat website atau toko online sobat dengan huruf tebal pada bagian depan kartu pos direct mail sobat.

3. Buatlah press release setiap kali ada hal baru atau sesuatu yang berharga di website usaha atau toko online sobat, seperti misalkan kegiatan usaha yang unik yang kira-kira media tertarik untuk mengutipnya.

4. Bisa juga sobat membuat mesin penjawab telepon otomatis yang isinya menyarankan agar si penelepon mencoba membuka website atau toko online sobat.

5. Jika sobat mendapat kesempatan diwawancarai media (koran, radio, dan sebagainya), jangan lupa untuk menyinggung alamat website sobat.

6. Benda iklan khusus seperti gantungan kunci, mug, mouse pad, bolpen atau pencil, dan produk aparel merupakan alat yang efektif untuk mendistribusikan alamat website sobat.

7. SOat juga bisa menggunakan cara lain seperti fax cover sheets, kendaraan, billboard, bingkai foto, iklan di Yellow Page, T-shirt, bola golf dan lain sebagainya sebagai sarana mempromosikan alamat website Anda.


B. Online Marketing

8. Jangan lupa mencantumkan alamat website atau toko online di halaman website sobat sebagai pengingat bagi orang yang sedang membuka website Anda.

9. Sertakan alamat website atau toko online sobat kala mengakhiri tulisan untuk news group, grup diskusi, atau forum posting berita/informasi.

10. Mintalah marketing partners, konsultan, rekan bisnis dan sebagainya mencantumkan alamat website atau toko online sobat di website mereka.

11. Gunakan online press releases dan artikel yang sobat tulis seperti untuk keperluan promosi offline di atas.

12. Manfaatkan fasilitas pay-per-click (PPC) marketing, banner advertising, direktori online, dan E-mail signatures untuk mempromosikan website atau toko online secara online.

(oleh Al Lautenslager, “Guerrilla Marketing" coach di entrepreneur.com)

Kreatifitas dalam mempromosikan Website atau Toko Online sobat yang lainnya seperti meningkatkan SEO (search engine optimization), atau mungkin menciptakan cara pemasaran baru yang belum pernah orang lain jalankan akan menambah 12 Cara Mempromosikan Toko Online sobat.[rls/IS]

No comments