Biasakan Minum Air Mineral Pada Saat Yang Tepat

Share:

KENYATAANNYA dari 70% tubuh kita isinya air. Air yang bergerak dalam tubuh kita tak ubahnya seperti air sungai yang mengalir terus menerus. Air dalam tubuh kita berfungsi sebagai pengangkut makanan yang akan dibentuk menjadi sel-sel hidup yang diperlukan seluruh tubuh. Fungsi air lainnya adalah mengangkut sel-sel mati untuk dibawa ke tempat pembuangan.

Bila aliran air kurang lancar di dalam tubuh, salah satunya bisa karena kurangnya masukan cairan ke dalam tubuh keseimbangan kerja organ-organ tubuh akan terganggu dan penumpukan toksin (racun) akan meningkat yang pada akhirnya memacu munculnya berbagai penyakit. Karenanya, kurang minum bisa memacu berbagai penyakit.

Banyak sekali dampak yang akan ditimbulkan bila tubuh kekurangan air. Berbagai penelitian banyak dilakukan di negara-negara maju untuk melihat manfaat air yang luar biasa dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit ringan maupun berat.

Cara Minum Yang Baik dan Benar

Kebanyakan dari kita tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk minum. Kebiasaan minum disaat makan atau setelah makan tidaklah baik karena makan yang kita kunyah di dalam mulut sebenarnya bercampur dengan air liur (kelenjer ludah) yang memiliki kandungan enzim amilase yang salah satu fungsinya memudahkan penghancuran makanan dalam proses pengunyahan dan membantu menyempurnakan pengolahan makanan di dalam lambung.

Demikian juga ketika makanan ditelan, ia akan bercampur dengan berbagai macam enzim dan gastric juice di dalam lambung (gastic juice adalah cairan yang diproduksi oleh lambung) untuk menyempurnakan pengolahan makanan.

Jadi ketika minum saat makan atau langsung sesudah makan, air yang kita minum akan memisahkan makanan yang sudah bercampur dengan berbagai macam enzim tadi. Akibatnya, proses pengolahan makanan terganggu dan tidak sempurna.

Jika proses pengolahan makanan tidak sempurna, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh jadi tidak maksimal; pembuangan sisa olahan tubuh jadi tehambat, sehingga akan berkembang pada banyak gejala penyakit yang muncul, seperti perut kembung dan konstipasi.

Kapan Sebaiknya Kita Minum?

Waktu minum yang baik 2 jam sebelum makan, 2 jam sesudah makan dan 2 jam sebelum tidur. Jadi sebaiknya ketika kita makan atau sesudah makan, kita hanya boleh minum paling banyak setengah gelas air. Itu pun biasakan dikumur-kumur dulu sebelum ditelan agar air tadi bercampur dengan enzim didalam mulut. Akan tetapi akan lebih baik lagi kalau kita melatih untuk membiasakan tidak minum saat makan.

Mengapa Minum Menjelang Tidur Tidak Baik?

Apabila kita membiasakan minum menjelang tidur, ini akan membuat istirahat ginjal terganggu. Banyaknya cairan yang masuk pada malam hari akan memaksa ginjal bekerja kala ia harus istirahat dari rutinitas kerja yang melelahkan pada siang hari.

Bukan hanya itu, tidur kita pun akan terganggu dengan seringnya buang air kecil pada malam hari, padahal perbaikan jaringan sel yang rusak kebanyakan dilakukan oleh tubuh pada malam hari. Kualitas tidur yang baik sangat mempengaruhi kualitas kesehatan kita pada umumnya.[*]
_____________

Tulisan ini disadur dalam berbagai kepentingan di yahoogroups.com maupun di sejumlah platform medsos lainnya. Sumber awal berasal dari: Dr Husen A Bajry, MD, Phd, (2008) Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik. Bandung: PT Karya Kita

No comments