Desa Cikadut Jadi Pilot Project Desa Bersih Narkoba

Share:

DESA Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, ditetapkan BNNP (Badan Narkotika Nasional) Jawa Barat sebagai satu dari 56 ‘pilot project’ Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba).

Seremoninya  akan dihelat pada 17 Oktober 2020 di Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa,  di Desa Cikadut. Uniknya peresmian ini dihadiri Menkumham Yasonna H Laoly, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser, dan pihak terkait lainnya.

Berkaitan rencana peresmian ini, Rabu 14 Oktober 2020 di Kantor Desa Cikadut diadakan  sampling test urine. Ini hal langka dan pertama terjadi di daerah Cikadut.

Diharapkan segera terwujud Cikadut sebagai Desa bebas narkoba. "Para pengedar narkoba insyaflah jangan ganggu warga kami,” papar Listati Kepala Desa Cikadut di kantornya usai sampling test urine yang dihadiri Kepala BNN Kota Bandung AKBP Deni Yus Danial, Kepala BNN Kota Cimahi Ivan Eka Sayta, Kabid P2M BNNP Jabar, Drs. Wuryanto, dan Penyidik  Madya BNNP Jabar Kompol Susiana Soegarda.

Para pemangku dari BNNP Jawa Barat dan Ketua Umum DPP Gerakan Hejo - Idamkan Desa Cikadut menjadi Desa Bersinar ke-56 menjadi nyata di lapangan, generasi muda khususnya terbebas dari penyalahgunaan narkoba yang kini tak pandang bulu, menyengsarakan warga.. 

Secara terpisah Brigjen Pol Drs Sufyan Syarif MH, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jawa Barat seusai meninjau sampling test urine di kantor Desa Cikadut, lalu ditemui dirinya sedang berada di Alam Santosa, kediaman Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo selaku tuan rumah helatan pada Sabtu 17 Oktober 2020.

Ini bisa disebut Desa Bersinar ke-56 di Jabar. Sejauh yang Sufyan Syarif ketahui ada 1.500-an pemakai narkotika golongan III jenis suboxone, khusus di sekitaran Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung atau Bandung Raya.

Jenis narkotika ini paket murah, terjangkau oleh para remaja. Bahayanya, sangat luas serta mendalam. "Mulai saat ini perangilah agar generasi muda kita selamat,” tandas Sufyan Syarif.  Harapannya, sampling test urine hingga ke beberapa keluarga di Cikadut dan Kecamatan Cimenyan terus berlanjut hingga ke Jabar Bersinar.

Eka Santosa tuan rumah hajatan 17 Oktober 2020 mengulas, acara akan dihadiri Menkumham Yasonna H Laoly, ada wujud MoU (kesepakatan bersama) antara Gerakan Hejo dengan BNNP Jabar.

Ada juga MoU Gerakan Hejo dengan Divisi Regional Jabar-Banten Perum Perhutani dalam hal Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Nusantara. Yang khusus kali ini melibatkan seni budaya Sunda dan Nias.

“Gerak cepat dari BNNP Jabar ini, ibarat merangsek aktif menyadarkan warga Cikadut dan Cimenyan serta Bandung Raya, untuk memerangi maraknya penyalahgunaan narkoba di daerah ini,” tutur Eka Santosa,” kata Eka.[HS/IS]

No comments