Mencari Modal Usaha Selain ke Bank | Inilah Solusinya ...

Share:


JIKA Anda seorang wirausaha atau pemula yang ingin menjadi wirausahawan, sebagian dari Anda pasti pernah mengajukan kredit usaha dari lembaga keuangan seperti bank. Ada yang berhasil, tetapi kebanyakan yang gagal.

Tak mampu bayar tunggakan, aset usaha Anda pun akan disita pihak bank. Mengerikan memang, tetapi itulah risiko sekaligus takdir yang tidak bisa dipungkiri jika Anda terlalu mengandalkan bank untuk permodalan usaha.

Mencari pinjaman bukan hal mudah, karena cukup banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun meminjam untuk modal usaha tidak selalu harus ke bank. Ada beberapa hal yang harus dipahami.

Pertama, apakah usaha Anda baru dirintis atau sudah berjalan? Kalau sudah berjalan mungkin akan lebih mudah. Namun biasanya harus sudah berjalan minimal 3 tahun.

Kedua, apakah usaha Anda sudah berbadan hukum (PT, CV atau Perseorangan)? Jika belum, memang sulit sehingga sebaiknya Anda penuhi dulu aspek tersebut.

Jika salah satu atau kedua-duanya, dari kedua aspek tersebut, tidak dipenuhi, maka sudah jelas Anda sangat sulit atau tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank. Tapi mungkin tidak mesti ke bank, lantas ke siapa?

"Angel Investor"

Yang dimaksud Angel Investor ini adalah pihak-pihak non-bank yang bisa dijadikan tempat mencari modal usaha atau tambahan modal usaha.

Pertama, saudara. Karena ikatan emosional yang kuat dan karena prinsip menolong.

Kedua, teman. Pertemanan yang cukup baik dan hubungan emosional yang kuat, layak dijadikan tempat meminjam modal. Ia yang sudah dekat dengan Anda dan keuangannya cukup memadai. Sebaiknya Anda tetap memperlakukan pinjaman tersebut secara profesional atau ada pembagian keuntungan.

Ketiga, kenalan. Motif kalangan ini kebanyakan karena imbalan atau pembagian keuntungan. Sepanjang Anda mampu menjanjikan pembagian keuntungan yang besar, peluang Anda juga akan semakin besar untuk mendapatkan pinjaman modal.

Keempat, pihak-pihak yang disebut sebagai "Angel Investor". Kalangan ini memberi bantuan tidak berdasarkan materi atau imbalan, tapi karena memang ingin menolong Anda untuk memiliki usaha atau memperoleh tambahan modal usaha.

Jika Anda mendapatkan bantuan dari kalangan ini, jelas Anda beruntung, namun juga perlu dicermati lagi. Seharusnya ini dilakukan pemerintah disaat ekonomi rakyat sedang melemah. Pemerintah menjadi Angel Investor, bahkan jadi penyelamat usaha Anda.

Anda bisa minta bantuan kepada pihak-pihak tersebut, misalnya dengan menawarkan kerjasama bagi hasil atau pembagian saham (join).

Meski ada pihak-pihak yang dapat membantu Anda untuk meminjam modal usaha tanpa persyaratan yang cukup rumit, bukan berarti Anda bisa mudah memperolehnya dan tidak profesional.

Oleh karena itu Anda tetap harus persiapkan rencana usaha Anda dengan baik dan profitable. Dengan perencanaan bisnis (business plan) yang baik, Anda akan dianggap serius dan profesional sehingga mudah mendapat kepercayaan.[isur]

No comments