10 Cara Meraih Kekayaan Melimpah ala Donald Trump

Share:

SAYA baca tulisan ini di laman yang sudah lama dan abadi hajirbaringin.wordpress.com belasan tahun yang lalu. Pemilik laman itu kini tidak lagi produktif sejak 2009. Tetapi ada tulisan menarik yang memuat langkah jitu seorang pengusaha sukses. 
 
Anda pasti sudah familiar dengan nama Donald Trump. Orang Indonesia lebih mengenalnya sebagai presiden Amerika Serikat yang gaek dan Islamo Phobia.

Di balik ketenarannya sebagai presiden yang diperolok-olok tidak hanya oleh muslim di seluruh dunia, Trump juga dibenci oleh rakyatnya sendiri, ia punya kisah unik sebagai pebisnis terkenal dibidang properti.

Sampai tulisan ini dibuat, Donald Trump memang masih menjabat presiden AS, kemudian ia akan digantikan Joe Biden yang justru menghormati dan mencintai warga muslim di seluruh dunia.  

Baiklah, itu kisahnya yang boleh dikenang sebagai presiden AS yang 'menyebalkan', tetapi ada kisah hidup Trump yang perlu dijadikan patokan bagi kesuksesan sebuah bisnis besar, terutama bagi para pebisnis pemula.

Donald Trump terkenal sebagai pengusaha sukses asal Amerika. Ia adalah juri sekaligus executive producer dalam sebuah acara televisi yang pernah diputar salah satu tv swasta di Indonesia "The Apprentice". Sosoknya memang unik, gaya rambut, tampangnya, dan gaya bicaranya membuatnya mudah diingat orang.

Bagaimana cara kaya ala Donald Trump?
Donald Jhon Trump lahir di New York City, 14 Juni 1946. Ia merupakan anak ke-4 dari 5 bersaudara dari pasangan Fred Trump dan Mary MacLeod. Bakat bisnisnya diturunkan oleh ayahnya yang juga seorang pengusaha dibidang real estate di New York.

Ia mengawali karir di perusahaan ayahnya, The Trump Organization setelah ia menyelesaikan pendidikannya di Wharton School at the University of Pennsylvania pada tahun 1968. Selama bekerja pada perusahaan ayahnya ia banyak belajar mengenai bisnis properti, bagaimana melakukan deal, dan mendapatkan profit.

Donald Trump memang memiliki bakat yang luar biasa. Sang ayah yang sekaligus mentornya pernah mengatakan "Everything he seems to touch turns to gold" . Nama Trump telah jauh melebihi sang ayah. Namanya pernah masuk dalam daftar orang Amerika terkaya menempati posisi 88 dari 400 (versi majalah Forbes) waktu itu.

Bagaimana sebenarnya cara Donald Trump meraih kesuksesan seperti itu? Ia memang tak segan membagi rahasianya tapi tidak diberikan secara cuma-cuma. Trump memasang tarif USD 25.000 (Rp350 juta) per menit. Wow Luar Biasa.

Meskipun memasang tarif mahal, banyak penggemar yang tak mundur untuk dapat mengetahui rahasia sukses Trump. Ribuan penggemarnya datang di seminar The Learning Annex Wealth Expo di New York, 2004 lalu. Saat itu, Trump berpidato selama satu jam dengan bayaran US$ 1,5 juta (Rp21 miliar).

Sejak itu dia mulai banyak berceramah di New York, Chicago, Los Angeles, San Francisco, dan masih ada 20 kali seminar lagi dengan bayaran makin tinggi, US$ 1,5 juta (Rp21 miliar) per jam sampai tahun 2007.

Dalam meraih tujuan, Trump dikenal sangat agresif. Ia pernah berpesan "Ketika seseorang melawanmu, segera lawan, jadilah orang yang brutal dan kuat, kerahkan semua kemampuan untuk mencapai tujuan"

Sesuai tujuan awal, tulisan ini membongkar cara Donald Trump meraih sukses dalam bisnisnya. Bocorannya ia rilis ke publik dunia saat ia sudah menjadi presiden AS. Inilah cuitan Donald Trump untuk meraih kekayaan:

1. Milikilah Mimpi
Anda harus memiliki mimpi. Dengan memiliki mimpi, Anda akan semakin tergerak untuk melakukan eksen. Misalnya Anda ingin membangun sebuah sekolah, Anda ingin menjadi orang terkaya di daerah Anda, Anda ingin jadi pengusaha sukses termuda di kota Anda, dsb.
 
2. Memiliki Tujuan (Goal yang Jelas)
Selanjutnya, Anda harus memiliki tujuan hidup yang jelas dan Anda harus sabar (passionate) pada tujuan Anda.
 
3. Think Big
Anda harus membiasakan diri Anda untuk berpikir suatu hal yang besar, dengan berpikir seperti ini, memberikan kekuatan positif bagi diri Anda untuk melangkah. Donal Trump pernah berkata "As long as you're going to be thinking anyway, think big."

Hambatan terbesar dalam membangun kekayaan adalah memercayai apa yang tidak bisa dijangkau. Pikirkanlah hal yang besar, maka diri Anda akan menjadi orang yang besar juga.

4. Ikuti Kata Hati Anda
Kata hati Anda memiliki peran yang khusus dalam berbagai hal yang Anda jalani. Kata hati Anda adalah guide Anda dalam membuat keputusan sekaligus tulang punggung pemikiran Anda. Mengikuti kata hati Anda sama mudahnya dengan memberikan suara. Tantanglah diri Anda untuk melihat hal-hal yang berbeda dan pelajarilah hal itu. Trump berpesan "Ikuti suara hatimu, meskipun sesuatu itu terdengar bagus dan indah diatas kertas"
 
5. Lakukan Hal yang Anda Sukai
Trump berkata "Saya tidak berhubungan dengan uang. Saya sudah cukup dengan hal itu, jauh lebih dari yang saya butuhkan. Saya melakukannya karena ingin melakukannya. "
 
6. Harus Fokus
Pilihlah satu hal yang paling Anda sukai dan ingin kerjakan. Dengan memilih satu hal, potensi Anda akan maksimal di bidang tersebut.
 
7. Terus Belajar
Anda harus secara kontinyu mengembangkan kemampuan Anda dengan banyak membaca, belajar dari mentor, maupun dengan cara lain.
 
8. Jangan hanya Berorientasi pada Uang
Trump pernah berkata "Bagi saya, uang tidak akan pernah menjadi motivator. Ia hanya jalan untuk mempertahankan kemenangan. Bagaimana memainkan permainan itulah kesenangan yang sesungguhnya".

Dalam sebuah permainan, orang-orang yang membangun kekayaan karena motivasi uang adalah seorang pemimpi. Sebaliknya, mereka yang senang memainkan permainan akan menang ketimbang mereka yang duduk sambil berkhayal.

9. Buatlah Agenda Anda (Time Line)
Anda harus memiliki rencana ke depan yang terencana dan tulislah rencana tersebut berdasarkan target waktu Anda. Lakukan apa yang Anda tulis dan lakukan evaluasi terhadap apa yang telah Anda capai dan yang belum tercapai.
 
10. Berpikir Kreatif
Untuk meraih kesuksesan, Anda tidak harus memiliki semua sumber daya dan kemampuan. Anda dapat menggunakan metode OPM (Other's People Money), OPT (Other's People Time), dan OPE (Other's People Experience).

Begitulah cara kaya Donald Trump yang saya simpulkan dari beberapa sumber artikel di internet. Ada yang Anda tambahkan? Atau bagaimana dengan cara kaya ala Anda sendiri? Setiap orang tentu punya cara masing-masing, tetapi cara Donald Trump juga patut diperhitungkan.[isur, berbagai sumber]

Illustrasi foto: pixabay.com

No comments