BNN Kota Bandung Bangun Sistem Lingkungan RT/RW Bersih Narkoba

Share:

INTRONEWS - Bandung - Tim Terpadu P4GN Kota Bandung membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba) di Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan ini  berlangsung di Posko Relawan RT 05/RW 02, Kompleks Perumahan Alam Sutera, Jl Sukaati Kota Bandung, Selasa (22/12/2020) dengan dihadiri Kepala BNN Kota Bandung AKBP Deni Yus Danial, Kepala Kesbangpol Kota Bandung Drs Bambang Sukardi, Camat Bandung Kidul Evi Hendarin, Kapolsekta Bandung Kidul Kompol Dodi Arahmansyah, dan Lurah Mengger Saripudin serta beberapa relawan.

Bambang Sukardi, Kepala Kesbangpol Kota Bandung, mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba)  yang dilakukan pada wilayah RW 02 Kelurahan Mengger tersebut.

Ia berharap, program Kelurahan Bersinar yang dilaksanakan sampai pada tingkat RT/RW ini betul-betul bisa menjadi contoh keteladanan buat RW lainnya. Karena, dampak dari narkoba sangat luar biasa, maka untuk penanganannya pun perlu melibatkan semua unsur, tidak hanya RW tetapi juga para RT. 

Dari 151 kelurahan, 1.584 RW dan 9.873 RT harus bersatu padu dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui program P4GN.

Kegiatan membangun sistem lingkungan RT/RW siaga Bersinar (Bersih Narkoba) dilaksanakan dengan serangkaian kegiatan yaitu dengan kegiatan Diseminasi Informasi P4GN tentang pelaksanaan Fasilitasi P4GN dan Prekursor Narkotika, kegiatan Tes urine, pembentukan relawan, penempelan stiker di rumah warga.

Pada akhir kegiatan dilakukan deteksi dini melalui tes urine kepada para relawan dan para warga sekitar RW 02 sebagai bentuk komitmen bersama para warga RW 02 untuk mewujudkan keluarga yang memiliki ketahanan terhadap penyalahgunaan narkoba.

Adapun bentuk komitmen warga RW 02 dalam membangun ketahanan keluarga anti narkoba tersebut ditunjukkan melalui hasil tes urine yang menunjukkan negatif narkotika disertai pemasangan sticker di masing-masing rumah warga, berisikan komitmen mendukung terwujudnya keluarga bersih narkoba.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Bandung AKBP Deni Yus Danial, dalam sambutannya menuturkan, dalam hal penanggulangan masalah darurat narkoba negara sudah memiliki suatu strategi, yaitu P4GN. 

P4GN didesain bukan menjadi tugas dan tanggung jawab BNN dan Polri semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, dan penanggulangannya pun harus dilakukan seluruh komponen bangsa dan negara.

Menurut Deni, seperti yang tertuang dalam UU Nomor 35 Tahun 2009, BNN bertugas mencegah, melindungi dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari penyalahgunaan narkotika.

BNN adalah leading sektor dalam hal menggerakkan dan menyatukan seluruh komponen bangsa dan negara untuk bersama sama melaksanakan P4GN dalam melawan narkoba dengan strategi pencegahan dan pemberantasan.[isur/rls]

No comments