Prof Mahmud Ajak PTKIS Bekerja Kompak | Rakor KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat 2020

Share:

INTRONEWS - Kopertais Wilayah II Jawa Barat menggelar Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS)-KOPERTAIS tahun 2020 bertajuk Optimalisasi Kinerja Pembelajaran dan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat, berlangsung di Grand Hotel Preanger, Jl Asia Afrika No 81 Bandung dari hari Selasa-Rabu (01-02/12/2020).

Dr Agus Mulyana MHum (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia), Dr Dadang Rahmat Hidayat MAg (Dosen Universitas Padjadjaran) tampil menjadi narasumber yang dibuka Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat Prof Dr H Mahmud MSi.

Dalam sambutannya, Prof Mahmud mengajak seluruh peserta terus bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan. Meski dalam suasana wabah corona KOPERTAIS masih bisa melakukan rapat koordinasi PTKIS.

Untuk menghadapi penyebaran virus Covid-19 terdapat dua pendekatan: Pertama, secara lahir (medis) mengikuti aturan-aturan protokol Covid-19, yakni jaga jarak, bermasker, cuci tangan, di rumah aja.

Kedua, pendekatan batin (agama) seperti berdoa setiap pagi dan sore, dawam wudhu dan juga jangan mendatangi tempat yang sudah terkena wabah, banyak beristighfar.  

“Mari kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sudah saatnya pemimpin PTKIS ikut mensosialisasikan dua pendekatan ini, terutama pendekatan batin, spiritual khususnya di kalangan PTKIS dan PTKIN. Yakinlah jika dua pendekatan ini dilakukan kuasa Allah akan kita rasakan,” paparnya.

Upaya membangun kualitas, mutu dan lulusan di lingkungan PTKIS, terutama universitas, insitut dan STAI harus bersinergi dalam melakukan kerjasama dan sama-sama bekerja untuk meningkatkan marwah kampus.

Proses pembelajaran harus mengikuti segala aturan dan protokol kesehatan. Intinya jangan stress, lemah, jaga iman, imun.

"Mari kita sama-sama belajar untuk terus melakukan transformasi ilmu pengetahuan, meski dilaksanakan secara daring. Pendidikan tinggi sangat penting dan luar biasa. Kendatipun kami di PTKIN ngolahnya kerepotan, tapi di PTKIS terus berjalan yang kuat memegang semangat Ruhul Jihadnya yang hebat, sehingga keberadaan PTKIS sangat penting untuk ikut andil mencerdaskan kehidupan bangsa," jelasnya.

Berkenaan dengan ikhtiar untuk meningkatkan mutu akademik Prof Mahmud menyampaikan caranya, dengan membangun kerjasama dan sama-sama berkerja.

"Kehadiran pimpinan PTKIS di acara rapat koordinasi tidak ada persaingan antara kita karena satu keluarga besar. Mari kita jadikan kekuatan yang dimiliki perguruan tinggi masing-masing untuk membangun kerjasama dan sama-sama berkerja dalam rangka meningkatkan mutu akademik dan lulusan di lingkungan PTKIS yang siap bersaing dengan kampus lain,” paparnya.

Acara pembukaan rapat koordinasi ini dihadiri oleh Koordinator, Wakil Koordinator, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bidang Ahli, Kasubag, staf Kopertais dan Pimpinan PTKIS yang berada di bawah naungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat.[isur/rls]

No comments