Siswandi: Tiga Calon Kapolri Semuanya Hebat | Tapi Kemana Komjen Sigit Prabowo?

Share:

JAKARTA - intronews - Tiga calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis sudah disebutkan di etalase publik. Semuanya hebat-hebat. Mereka antara lain Komjen Gatot Eddy Pramono, Komjen Boy Rafli, dan Komjen Agus Andrianto.

Seperti layaknya penentuan siapa yang bakal menduduki kursi Kapolri, para calon Kapolri berpangkat bintang tiga tersebut akan diajukan oleh Presiden Jokowi ke DPR untuk dilakukan fit and proper test. Cara ini dinilai efektif untuk uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri.

Ada satu pertanyaan yang muncul dari kalangan masyarakat, di awal dari sekian kandidat yang masuk bursa calon Kapolri terdapat nama Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabareskrim Polri. "Kok tidak masuk bursa, kemana beliau?"

Mantan petinggi Polri Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi menilai, kans banyak ya Wakapolri naik kalau dari 3 tersebut. "Semua layak, banyak kans yang  jadi  wakapolri  naik," ungkap Siswandi kepada wartawan, di Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Siswandi yang kini menjadi pengamat kepolisian berpendapat, ketiga kandidat dinilai sangat layak menjadi Kapolri asalkan memenuhi visi-misi yang diinginkan Presiden RI. Para kandidat itu masih muda-muda.

Gatot Eddy Pramono dan Boy Rafli, keduanya lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun 1988, sedangkan Agus Adrianto angkatan Akpol satu tahun lebih muda yakni lulusan tahun 1989. Semua kandidat memiliki pemikiran brilian untuk membawa Polri profesional.

"Sebenarnya ada yang lebih muda lagi, yakni Komjen Listyo Sigit Prabowo yang sekarang Kabareskrim Polri. Beliau lulusan Akpol Tahun 1991. Kans-nya sangat besar, tetapi semuanya tergantung prerogatif bapak Presiden," ungkap Siswandi yang kini aktif menakhodai Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN).[isur]

No comments