Berani Hidup di Masa Pandemi, YBLH dan Para Kades di Cirebon Berdayakan BUMDes

Share:

CIREBON, intronews - Direktur Eksekutif Yayasan Buruh dan Lingkungan Hidup (YBLH) Yoyon Suharyono mengajak sejumlah kuwu di Kabupaten Cirebon Jawa Barat memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) demi menopang perekonomian masyarakat di desa pasca Pandemi Covid-19.

Meski gonjang-ganjing soal penambahan jumlah warga yang terpapar virus corona saat ini, namun tidak menjadi penghalang bagi Yoyon Suharyono dan para kuwu di pedalaman Kab. Cirebon. "Jangan mati karena kelaparan di masa pandemi. BumDes berdayakan," kata Yoyon.

"Pasca terserangnya pandemi global Covid-19 ke masyarakat luas hingga ke desa-desa, apa yang akan dikerjakan para kuwu kepala desa sekarang menghadapi krisis pangan? Sudah pasti potensi desa yang ada, terutama kearifan lokal di desa diberdayakan," ungkap Yoyon Suharyono kepada pers, Rabu (27 Januari 2021).

Menurut Yoyon sang pencetus Satu Juta Pohon Jati pada tahun 2001 itu, Bumdes harus kuat dan profesional seperti Desa Jati Pancur Kec Greged Kabupaten Cirebon, dengan menanam pisang, dan sudah tertanam di area 9 hektar, sedikitnya 10 ribu pohon.

"Dalam 9 bulan panen tumpang sarinya yaitu kacang tanah. Akhir bulan ini panen pasar. Sudah jelas di rumah tahanan Lembaga Pemasyarakatan alias penjara dan rumahsakit, juga pasar induk rencana akan ditanam lagi di lahan 15 hektar," kata Yoyon sambil menambahkan bahwa ini percontohan desa kaya dengan bumdesnya.

Dan satu desa lagi Desa Bakung Kidul dan Desa Bakung Lor, Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon. Desa sentra tape ketan untuk konsumsi lokal dan luar. Sedikit mengalami kesulitan bahan penunjangnya masih kurang, yakni daun pisang batu.
 

Kuwu Wawan dan Babinsa Desa Jatipancur Kec. Greged Kab. Cirebon 



Pemulihan lahan dari kebun tebu menjadi lahan untuk penanaman Pisang Batu dengan BIOS 44 bantuan dari Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

"Upayanya sudah dikerjasamakan dengan Bumdes Jati Pancur untuk menanam pisang batu penunjang bungkus tape dan diterima oleh bumdes Desa Bakung. Asyik pokoknya," ungkap Yoyon yang juga salah satu cucu pencetus Nasi Jamblang Cirebon ini.

Kita lihat juga Desa Ambulu Kecamatan Losari Kab Cirebon sebagai penghasil ikan bandeng. Bumdes Desa Ambulu bekerja sama dengan Desa Kamarang Kec Greged mengenai pengolahan dan pemasaran hasil pindang bandeng. 

Pengrajin pindang bandeng Desa Kamarang Kec. Greged Kab Cirebon, Kuwu Endang

"Dan ini contoh desa yang akan mandiri dengan kerja sama antar bumdes," pungkas Yoyon Suharyono.[isur]

No comments