BNN Kota Bandung Greening P4GN di Babakan Sari Kiaracondong | Tanam Pohon Bersihkan Narkoba

Share:

 

INTRONEWS, Bandung - Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung menggelar rangkaian kegiatan Greening P4GN dan Program Ketahanan Keluarga secara mandiri sebagai bentuk dari perwujudan kelurahan bersih narkoba (Bersinar) Jumat (15/1/2021).

Pelaksanaan Greening P4GN dan program Ketahanan keluarga ini melibatkan partisipasi  seluruh  masyarakat serta berkolaborasi dengan bhabinkamtibmas dan bhabinsa, termasuk Camat Kiaracondong yang merupakan  koordinator dalam pelaksanaan kelurahan bersinar.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial, mengapresiasi atas pelaksanaan kelurahan bersinar yang digelar Kelurahan Babakan Sari secara mandiri.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bukti program P4GN di Kelurahan Babakan Sari sudah berjalan dengan baik dan dapat menjadi contoh bagi kelurahan lain untuk berpartisipasi dalam “War on Drugs”.

War on Drugs bukan tentang berperang mengangkat senjata saja, namun upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mendorong kemandirian masyarakat, seperti pelaksanaan program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang mendorong kemampuan keluarga meningkatkan daya tangkal dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba juga bagian dalam War On Drugs.

Untuk mewujudkan kelurahan bersinar, ungkapnya, ketahanan diri, keluarga dan masyarakat untuk memiliki daya tangkal dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba tentu sangat penting. Karena, melalui cara ini masyarakat di Kelurahan Babakan Sari akan memiliki imun yang kuat untuk menolak segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Ia menambahkan, untuk mendorong setiap keluarga agar memiliki daya tangkal dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba salah satunya dapat dilakukan dengan upaya deteksi dini, yaitu dengan tes urine yang dilakukan di beberapa keluarga secara mandiri.

Selain itu, penanaman pohon yang diberi nama "Greening P4GN" tentu selain menciptakan lingkungan yang bersih, asri dan kaya oksigen, kegiatan ini turut mendukung kelurahan bersinar, yaitu bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Karena, lanjutnya, kegiatan semacam ini positif dilakukan masyarakat dengan kesadaran masyarakat akan keberadaan lingkungan sekitar yang tentu bisa berdampak terhadap karakter masyarakat. Selain itu upaya tersebut sejalan dengan tagline #hidup100persen dan juga upaya pencegahan penyebaran covid-19.  "Ini adalah kolaborasi dan inovasi yang luar biasa," ujar Deni.

Deteksi Dini
Sementara itu, Lurah Babakan Sari, Heri Susanto, menuturkan, kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dan kolaborasi dengan masyarakat, tim relawan, penggiat, IBM, Babinkamtibmas, Babinsa serta dukungan penuh dari Camat Kiaracondong, Dra Rina Dewi Yanti.

Lurah menambahkan, deteksi dini melalui tes urine kepada beberapa keluarga di kelurahan Babakan Sari sebagai bentuk komitmen bersama para warga RW 08, 11 dan 13 untuk mewujudkan keluarga yang memiliki ketahanan terhadap penyalahgunaan narkoba.

Adapun bentuk komitmen warga dalam membangun ketahanan keluarga anti narkoba tersebut ditunjukkan melalui hasil tes urine yang menunjukkan negatif narkotika disertai pemasangan sticker pada masing-masing rumah warga yang berisikan komitmen mendukung terwujudnya keluarga bersih narkoba.

Kalau tes urine sebagai upaya deteksi dini untuk lingkungan yang bersih dari penyalahugunaan narkoba, sementara Greening P4GN, salah satu upaya kita menciptakan lingkungan yang bersih yaitu lingkungan yang memiliki udara bersih, asri dan kaya oksigen. 

Dengan greening ini, tentu akan menghasilkan lingkungan masyarakat yang sehat, khususnya bagi generasi muda mendatang. Program hidup sehat tentu akan menghasilkan generasi berkualitas.

Penanaman pohon, selain dilakukan di Kelurahan Babakan Sari, sebelumnya juga dilakukan kelurahan lainnya, seperti, Kelurahan Cicaheum, Neglasari, Padasuka, Lebakgede dan Kelurahan Mengger.[pep/isur/rls]

No comments