Pesan Moral GPAN untuk Kapolri Tindak Tegas Penyidik Nakal | Polri Juga Harus Terbuka

Share:

JAKARTA, intronews - Bersamaan dengan pelantikan atas dirinya menjadi Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dinaikan pangkatnya satu tingkat menjadi jenderal polisi bintang empat.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Rabu 27 Januari 2021. Jenderal Sigit menggantikan Jenderal Idzam Azis yang memasuki masa pensiun. Selepas itu banyak harapan dan permintaan masyarakat kepada sang jenderal yang murah senyum itu.

Permintaan dan pesan moral datang dari Generasi Peduli Anti Narkoba (GPAN), ormas yang bergerak di bidang pemberantasan narkoba. GPAN yang dinakhodai Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi, mengapresiasi pelantikan Jenderal Sigit. Di sela-sela itu Siswandi meminta Kapolri mengontrol penyidik, khususnya kasus penyalahguna maupun pecandu narkoba.

Polri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat harus memiliki keterbukaan, terutama mengenai kelakuan polisi yang menyalahgunakan kewenangan dan arogan.

Kepada pers di Jakarta, Siswandi menyarankan Kapolri untuk membuat kotak surat pengaduan yang ditempatkan di mall-mall dan di mana-mana saja. 

Menurutnya, pasti akan banyak yang keluh kesah karena ulah oknum polisi. "Tindak tegas saja," tandas Siswandi yang mantan pejabat penting di Bareskrim Polri itu.

Siswandi merinci modus patra oknum itu, antara lain:
1. Tatkala ketangkap para korban penyalahguna maupun pecandu tidak boleh berhubungan dengan siapa pun selama tiga hari. Pemberitahuan keluarga jarang disampaikan.
2. Pengacara disiapkan penyidik, tersangka tidak boleh didampingi pengacara lain.
3. Ini lawyer penghubung penyidik kalau cocok harga bisa selesai tanpa proses.
4  Pengacara tersebut keluyurannya di kantor polisi mencari klien yang ketangkap. Bukan yang ditangkap mencari lawyer sendiri.

"Itu  modus kasus narkoba," ungkap Siswandi. Ia sangat yakin Kapolri yang baru dilantik akan memperhatikan pesan dan keinginan banyak kalangan termasuk GPAN. Siswandi menilai, Kapolri kali ini selain berpenampilan tenang juga sangat dekat dengan semua kalangan.

"Selamat atas pelantikan jenderal menjadi Kapolri, dan selamat bertugas jenderal. Semoga bisa bersinergi dengan kami yang menghendaki Indonesia Bersih Narkoba," pungkas Siswandi.[isur]

No comments