Siswandi: Hebat, Aksi Langka Dokter Nisa Selamatkan Pasien Covid-19 Gunakan Mobil Pribadi Menuju RSGJ Cirebon

Share:

 
JAKARTA, intronews - Awal cerita heroik yang mengesankan dari seorang petugas medis, dokter RS Angkatan Laut, yang selama ini menangani Covid-19. Sebut saja dokter Nisa, ia mendapatkan seorang pasien Covid-19 berinisial K warga Depok. K adalah saudara Ketua GPAN Kota Cirebon. 

Ketika hendak dirujuk ke rumahsakit di Jakarta ternyata semuanya penuh. Tidak ada ruang lagi untuk pasien Covid-19. Jika tidak segera ditangani, pasien dikhawatirkan tidak tertolong. Langkah sigap dokter Nisa pun segera membawa pasien ke Cirebon untuk dirawat khusus di Rumah Sakit Gunung Jati (RSGJ).  

Minggu pagi, 24 Januari 2021. Dari sinilah aksi heroik dokter Nisa menyelamatkan nyawa manusia dimulai. Penanganan pasien Covid-19 butuh waktu cepat. Ia segera memesan ambulan, tetapi ambulan pun tidak didapat. Dokter Nisa segera mencari mobil sewaan, itu pun tidak ia dapatkan. 

Dalam kebingungan itu, dokter Nisa --yang kebetulan anggota di Grup Whatsapp Generasi Peduli Anti Narkoba (WAG GPAN Silaturahmi) yang dikelola Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi-- disarankan mendatangi rumah pasien di Depok.

Dokter Nisa pun langsung ambil keputusan tak diduga, pasien itu ia bawa menggunakan mobil pribadinya disertai sopir dan perawat menuju RSGJ Cirebon. Hanya ada satu di benak dokter Nisa, pasiennya harus segera ditangani dan diselamatkan. 

Dokter Nisa sangat memaklumi pasien Covid-19 yang terlambat penanganan hampir rata-rata tidak tertolong. Video perjalanan menuju RSGJ Cirebon pun ia posting di Grup WA GPAN dalam kondisi hujan deras. Tentu saja aksi dokter Nisa mendapat banyak pujian dari anggota grup, termasuk dari Ketua Umum GPAN Brigjen Pol ADV Drs Siswandi yang terus memonitor WAG GPAN Silaturahmi

"Aksi kemanusiaan ini sangat heroik, dokter Nisa patut diacungi jempol. Membuat hati kita pilu dan menangis bangga. Ternyata masih ada orang (dokter) yang tanpa pamrih mengorbankan mobil pribadinya untuk menyelamatkan pasien Covid-19," kata Siswandi. 

Di grup WA itu, Siswandi memposting ucapan kebangaan atas aksi hebat sang dokter yang patut dijuluki "Pahlawan Kamanusiaan" itu. Inilah surat terbuka Siswandi untuk dokter Nisa:

Yth Ibu Dr Nisa
Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi kami dari GPAN Pusat  dan Kota Cirebon. Pengorbanan Ibu Tidak kenal waktu, Tidak Kenal Lelah, Letih tanpa Pamrih. Berjuang utk menyelamatkan umat yg terkena Virus Corona. Pahlawan kemanusiaan dlm pengabdian.

Semoga ibu Dr Nisa, Diberi kekuatan, Kesehatan dan Keselamatan.
Hati2  di  jalan.
Salam Hormat utk Klg

Wslm
Ketum GPAN
Brigjen Pol P ADV Drs Siswandi

Dan inilah ucapan-ucapan netizen anggota Grup WA GPAN Silaturahmi yang deras kepada dokter Nisa:

... "Salut tuk adinda Dr Nissa Jalakanya"

... "Dokter Nisa.. gak bisa diungkap dg apapun.. Pengabdian dan pengorbanan yg luar biasa. hanya Allah yg bisa balas semua kebaikan dokter Nisa. terima kasih terima kasih terima kasih."

... "Adik kita satu itu memang dokter yg humanis prakteknya buat kemanusiaan bener2 loh bu Wati sehat sll ya Ibu miss you..."

... "Ya Mba Linda, membanggakan sekali, spontanitasnya luar biasa dalam ambil keputusan membantu pasien. Baru kali ini saya  liat ada dokter spt ini."

... "Sehat slalu barokah semua hormat kami..."

... "amiin YRA. Terima kasih Dok.."

... "Bismillah jalan terus Niss sayang sehat selamat juga dirimu sll sayangku.."

... "Dokter Nisa.. gak bisa diungkap dg apapun.. Pengabdian dan pengorbanan yg luar biasa. hanya Allah yg bisa balas semua kebaikan dokter Nisa. Sangat membanggakan sekali, spontanitasnya luar biasa dalam ambil keputusan membantu pasien. Baru kali ini saya  liat ada dokter spt ini... Terima kasih terima kasih terima kasih ..."

... "Pengabdian Dr Nisa ... Luar  biasa.."

Dokter Nisa sambil menuju RSGJ Cirebon, sempat menanggapi apresiasi dari Siswandi dan para anggota grup lainnya: "Siap terima kasih banyak buat semua...  Minta doanya kami otw cirebon..."

Disamping itu Brigjen Pol Purn ADV Drs Siswandi kepada pers menyatakan, aksi kemanusiaan Dokter Nisa layak dijuluki pahlawan. Menurutnya, itu menjadi contoh dokter yang rela menolong sesamanya meski menggunakan fasilitas pribadi. 

"Kami bangga dengan sikap tanggap, cepat dan ikhlas dokter Nisa mengorbankan segalanya untuk kemanusiaan. Semoga dokter Nisa diberi kesehatan dan kekuatan, dan pasien diberi kesembuhan dan kesehatan," ucap Siswandi sambil mengaminkan doanya.


Pada pukul 11.30 siang, Siswandi mendapat laporan melalui WA dari dokter Nisa bahwa pasien sudah tiba di RSGJ. Dokter Nisa memposting foto mobil pribadinya yang membawa pasien masuk lorong RSGJ Cirebon. 

"Alhamdulillah pasien bisa masuk ruang perawatan dan ditangani secepatnya. Terima kasih banyak," kata Siswandi membacakan WA dari dokter Nisa.[isur]

No comments