[YOUTUBE] Aksi Kemanusiaan Ormas BBC dan GM-FKPPI Menolong Korban Longsor di Cimanggung Sumedang

Share:

 

Sepekan setelah longsor di Cimanggung Kab Sumedang, Pemprov Jabar merilis jumlah korban seluruhnya mencapai 65 orang, yakni meninggal dunia 40 orang, luka berat 3 orang, dan luka ringan 22 orang.

Kerugian material akibat longsor, antara lain 20 unit rumah tertimbun, 26 unit rusak berat, 3 unit rusak sedang, 350 unit terancam dan satu unit bangunan masjid.

Pemerintah melalui BPBD Jawa Barat mengungsikan warga yang terdampak longsor, Keseluruhan pengungsi mencapai 314 KK atau 1.126 Jiwa yang tersebar di 3 Zona utama, meliputi:

Zona 1 : di SD Cipareuag, 465 orang
Zona 2 : di Taman Burung SBG, 513 orang
Zona 3 : di SD Az-Zahra, 148 orang.

Total bantuan hingga sepekan setelah kejadian mencapai Rp2,4 miliar. Tidak hanya itu, bantuan juga datang dari berbagai elemen masyarakat, termasuk dari Ormas BBC yang langsung diberikan Ketua Umum Ormas BBC Haji Mugi Sudjana kepada keluarga korban terdampak longsor.

Di posko bersama Ormas BBC dan GM FKPPI di Kp. Cipareug, Ds. Sukadana, Kec. Cimanggung, Kab Sumedang itu, Mugi Sudjana memberikan bantuan secara simbolis kepada keluarga korban. Pihaknya juga mengumumkan bahwa ormas BBC akan selalu ada untuk membantu warga yang terkena musibah.

Mugi Sudjana yang didampingi pengurus pusat Ormas BBC seperti Agustiar, Memet Rahmat, dan pengurus DPP lainnya, mengaku sangat berduka dengan kejadian tersebut.  Pihaknya juga akan memperhatikan nasib anak-anak yang terdampak bencana itu.

SB: H. Mugi Sudjana | Ketua Umum DPP Ormas BBC

Bersamaan dengan itu, Ketua GM FKPPI PC X-10 Sumedang Faisal Nugraha yang juga sigap menggalang dana bagi bencana musibah longsor Cimanggung, mengapresiasi kedatangan Mugi Sudjana dan rombongan. Kedua ormas ini bagaikan saudara sekandung bahu-membahu membantu para korban berupa sembako, pakaian, obat-obatan, uang, dan peralatan lainnya. 

SB: Faisal M. Nugraha | Ketua Pengurus Cabang GM-FKPPI X-10 Sumedang

Posko Ormas BBC dan GM FKPPI ini kedatangan salah satu keluarga korban, Iwan Sugiwa (52 tahun), sempat menceritakan saudaranya yang tertimbun ketika hajatan pernikahan. Beruntung pengantin sempat diungsikan pada longsor pertama, namun pada longsor susulan tiga saudaranya tak sempat tertolong.

SB: Iwan Sugiwa | Keluarga Korban Longsor

Ormas BBC Kabupaten Sumedang yang dinakhodai Ali Jatikusumah pada hari pertama longsor sigap membantu evakuasi korban terdampak. Di hari berikutnya Ormas BBC membuat posko bantuan untuk korban terdampak. Berikut penuturan Ali Jatikusumah di posko bantuan Ormas BBC dan FKPPI.

SB: Ali Jatikusumah | Ketua DPD Ormas BBC Kab. Sumedang

Jajaran ormas BBC dan GM-FKPPI juga turut memanjatkan doa bagi arwah para korban, serta melakukan trauma healing terhadap masyarakat terdampak musibah.

Pengurus maupun anggota Ormas BBC dan GM FKPPI berharap prediksi buruk di tahun ini tidak terjadi. Lokasi perumahan yang terkena musibah longsor untuk sementara ditutup untuk menghindari kemungkinan terburuk.

Para pihak juga sepakat untuk mengkaji ulang analisis dampak lingkungan di sekitar lokasi yang rawan bencana akibat tidak adanya terasering dan tegakan pohon besar. Lokasi kejadian sebenarnya tidak layak untuk lokasi perumahan karena berjenis tanah urugan yang belum melalui proses pemadatan.

isur suryana melaporkan ...

No comments