[YOUTUBE] KBPP Polri Jabar Siap Tanam Ribuan Pohon Penahan Erosi di Cimanggung | Antisipasi Jangka Panjang

Share:


Rombongan Keluarga Besar Putra Putri Polisi Republik Indonesia (KBPP) Polri Jawa Barat yang dipimpin Insinyur Maktal Nugraha menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada keluarga korban terdampak longsor Cimanggung.

Maktal yang mendapat tugas khusus dari Ketua PD KBPP Polri Jawa Barat H Mugi Sudjana memberikan bantuan berupa uang dan sembako di Posko KBPP Polri, Taman Burung SBG, Cimanggung Kab Sumedang.

KBPP Polri juga meninjau kondisi pengungsi. Posko KBPP Polri hanya beberapa meter dari kemp pengungsian sehingga sangat mudah berinteraksi dengan kebutuhan 513 pengungsi di sini. Bahan makanan, obat-obatan, MCK hingga fasilitas air bersih pun tersedia.

Namun saat akan meninjau lokasi longsor, hujan deras mengguyur kawasan tersebut hingga sore hari. Petugas melarang siapa pun mengunjungi lokasi bekas longsoran karena sangat berbahaya.

Maktal yang juga ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) berdiskusi dengan pengelola posko gabungan mengenai kondisi terkini. Analisa lapangan, tragedi maut Cimanggung yang menewaskan 40 penduduk setempat itu lebih disebabkan beberapa hal. Tanah urugan sangat labil, tidak adanya terasering, lokasi itu bukan untuk perumahan, apalagi di kawasan perumahan itu tidak ada tanaman keras penangkal erosi.

SB: Ir. Maktal S Nugraha |  Pimpinan Rombongan KBPP Polri

Bantuan tidak hanya untuk habis saat itu, KBPP Polri justru merencanakan penanaman puluhan ribu pohon untuk mengantisipasi longsor jangka panjang.

Penduduk kampung lainnya di RW 12 menyebut ada bunyi seperti desis ular sebelum longsor pertama terjadi. Ia juga menyebut lokasi maut itu tidak layak menjadi hunian manusia.

SB: Suwardi | Penduduk Cimanggung

Selepas peninjauan tersebut rombongan melaporkan kondisi lapangan kepada Ketua PD KBPP Polri Jawa Barat H Mugi Sudjana.

SB: H. Mugi Sudjana | Ketua PD KBPP Polri Jawa Barat

Dalam waktu dekat, KBPP Polri akan berkoordinasi dengan Komandan Satuan Brimob Polda Jabar untuk merencanakan penanaman pohon di lokasi rawan bencana, khususnya Cimanggung Sumedang.

Aksi penanaman pohon rencananya akan dilakukan KBPP Polri dan Satuan Brimob agar pohon yang sudah ditanam tidak ada yang berani merusak. Pihak yang merusak tanaman akan dipidanakan sesuai UU Lingkungan Hidup Nomor 32 Tahun 2009.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments