Dosen Psikologi Dapat Hibah Penelitian Kompetitif SBKU Kemenag | UIN SGD Bandung

Share:

BANDUNG, intronews.my.id - Dr Asti Meiza MSi dan Fihtria Siti Hanifah MSi, dosen Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mendapat bantuan Penelitian Kompetitif Berbasis Keluaran (SBKU) dari Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat, Kementrian Agama Republik Indonesia, Tahun Anggaran 2021.

Dr Asti menjelaskan sebelumnya, pengumuman Penelitian Kompetitif SBKU bertajuk “Inovasi Pelayanan Keagamaan Masa Pandemi’ ini telah dilakukan pada 10 Februari 2021.

"Alhamdulillah pada hari ini bisa dilakukan tanda tangan kontrak hibah penelitian kompetitif SBKU antara saya dengan Bu Dr Kustini, perwakilan Puslitbang Kemenag yang berlangsung di Fakultas Psikologi," tandasnya, Rabu (24/02/2021).

Kata Dr Asti, untuk mendapatkan hibah Penelitian Kompetitif SBKU ini harus melewati berbagai tahapan sejak pendaftaran, mengajukan proposal sesuai ketentuan yang berlaku, menunggu hasil pengumuman, hingga kontrak hibah.

"Dari seribu lebih proposal penelitian yang mendaftar, terpilih 19 tim peneliti yang akan melakukan penelitian dengan beberapa fokus kajian, antara lain Ekspresi Keberagamaan dan Kerukunan Umat Beragama dan Hak Beragama Komunitas di Luar Enam Agama," paparnya.

Kesembilan belas tim peneliti ini berasal dari berbagai institusi lintas agama di seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi keagamaan dan umum, seperti Universitas Katolik Indonesia Santo Paulus Ruteng, NTT, dan Universitas Gajah Mada, Lembaga survey, termasuk Gereja Protestan Maluku, Ambon.

"Saya bersama Bu Fihtria mengusung penelitian berjudul Analisis Fenomena Hijrah Kalangan Milenial menggunakan Big Data dan Network Analysis. Ini dilatarbelakangi dari maraknya anak-anak milenial yang melakukan aktivitas hijrah  di media sosial," paparnya.

Dr Kustini, salah satu peneliti senior Puslitbang Kemenag mengapresiasi atas capaian tersebut.  "Sengaja penanda tanganan kontrak ini dilakukan dengan sistem jemput bola oleh Puslitbang Kemenag mengingat situasi pandemi di Jakarta yang belum memungkinkan para peneliti datang langsung ke kantor Kemenag pusat di Jakarta," jelasnya.

Dengan penelitian ini "diharapkan akan muncul inovasi dan saran-saran berharga untuk Kementrian yang akan digunakan sebagai dasar pengambilan berbagai kebijakan ke depan di lingkungan Kementrian," tuturnya.

Proses tanda tangan kontrak hibah penelitian kompetitif SBKU disaksikan Dekan Fakultas Psikologi UIN Bandung Dr Agus Abdul Rahman MPsi, Psikolog.

"Saya atas nama pimpinan mengucapkan selamat kepada Bu Asti dan Bu Fihtria. Mudah-mudahan dengan hadirnya 2 dosen Psikologi yang mendapat hibah dari Kemenag ini hasil penelitiannya dapat memberikan manfaat bagi civitas akademika dan memberikan kontribusi positif untuk masyarakat, khususnya anak-anak muda sebagai penerus bangsa Indonesia," pungkas Dekan Psikologi.[isur/rls]

No comments