Sekretaris Prodi Sastra Inggris UIN Bandung Raih Gelar Doktor Ilmu Sastra Unpad

Share:

BANDUNG, intronews.my.id – Program Studi (Prodi) Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), UIN Sunan Gunung Djati Bandung terus berupaya meningkatkan target kinerja Prodi untuk menambah jumlah dosen berkualifikasi Doktor.

Hal ini tidak dapat ditawar lagi untuk mempertahankan akreditasi A pada BAN-PT dan menambah perolehan penilaian pada persiapan Asian University Network Quality Assurrance (AUN-QA).

Pada Selasa 9 Februari 2021, Sekretaris Prodi Sastra Inggris H Nurholis SS MHum berkesempatan mengikuti ujian sidang Promosi Doktor secara terbuka pada Prodi Ilmu Sastra, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Nurholis memaparkan ujian disertasinya secara online yang dihadiri sejumlah partisipan. Dalam kesempatan ini, acara dibuka Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran Prof Aquarini Priyatna MA MHum PhD yang sekaligus bertindak sebagai ketua sidang. Para partisipan mengikuti acara dengan khidmat.

Turut serta civitas akademika FAH, UIN Bandung menghadiri secara langsung dan online. Nurholis memaparkan, hasil kajiannya berjudul “Representasi Identitas Masyarakat Ciomas dalam Mitos Golok Ciomas di Kabupaten Serang-Banten”.

Dalam pemaparannya, Golok Ciomas menjadi identitas dan representasi dari masyarakat Ciomas. Disertasi ini mendeskripsikan representasi Golok Ciomas dalam membentuk identitas masyarakat Ciomas yang berlandaskan teori semiotika Roland Barthes (1993), serta representasi dan identitas Stuart Hall (1990) digunakan untuk memahami sistem tanda (kode) melalui sistem pemaknaan tingkat pertama atau yang disebut denotasi.

Hubungan antara signifier dan signified (content) di dalam sebuah tanda terhadap realitas eksternal. Hasil penelitian menunjukkan identitas masyarakat Ciomas sebagai masyarakat Islami dan berbudaya yang dikonstruksi melalui representasi Golok Ciomas dan identitas masyarakat Ciomas, selalu berubah-ubah sesuai posisi dan kepentingan pihak tertentu dan merepresentasikan identitas masyarakat Ciomas yang berbeda-beda.

Representasi identitas masyarakat Ciomas dalam mitos Golok Ciomas digambarkan sebagai pelestari budaya Ciomas yang Islami, pemberani, jagoan, jawara, dan juragan, penegak amar ma'ruf nahi munkar dan penyalur pekerjaan.

Setelah sesi pemaparan dilakukan, selanjutnya ketua sidang memandu acara menuju sesi tanya jawab. Pada sesi ini, berkesempatan Prof Aquarini Priyatna MA MHum PhD sebagai ketua sidang sekaligus representasi Guru Besar, Dr Lina Meilinawati Rahayu MHum sebagai sekretaris sidang, Prof Dr Cece Sobarna MHum sebagai ketua tim promotor, Dr Teddi Muhtadin MHum sebagai anggota tim promotor, Dr Muhammad Aji MHum sebagai oponen ahli, Dr Budiawati Supangkat MA, sebagai oponen ahli, dan Dr Ari Jogaiswara Adipurwawidjana MA, sebagai oponen ahli untuk menyampaikan pendapat dan pertanyaannya.

Dengan mantap seluruh pertanyaan dari ketua dan anggota sidang dijawab dengan baik. Dengan demikian, peserta ujian berhasil mempertahankan hasil kajiannya dan berhak memperoleh gelar Doktor.

Di penghujung acara ketua sidang, Prof Aquarini mempersilakan Dekan FAH UIN Bandung Dr H Setia Gumilar MSi menyampaikan sambutannya. Setia menuturkan, sejumlah dosen di lingkungan FAH meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran.

"Selamat kepada Dr H Nurholis SS MHum atas kerja keras yang dilakukan untuk menyelesaikan Disertasi dan berhasil menjadi Doktor ke-5 yang lulus dari Program Doktor pada Prodi Ilmu Sastra, FIB, Unpad," ungkap Setia.

Kaprodi Sastra Inggis, FAH UIN Bandung Dr Andang Saehu MPd turut serta dalam mengikuti acara sidang. "Selaku Pimpinan Prodi, saya mengucapkan selamat dan merasa bangga atas diraihnya gelar Doktor Ilmu Sastra kepada H Nurholis. Gelar yang diraihnya semakin memperkuat posisi Sastra Inggris baik di mata BAN-PT maupun di dunia akademik," pungkasnya.(isur/rls)

No comments