[YOUTUBE] MUGI SUDJANA & KOMUNITAS "TENGAH IMAH" BANTU PEMKOT BANDUNG KELOLA SAMPAH

Share:

KOMUNITAS TENGAH IMAH BANTU PEMKOT KELOLA SAMPAH KOTA BANDUNG

Ini adalah Komunitas Tengah Imah. Mereka terdiri dari tujuh ormas yang terlibat diskusi dengan Dirut PD Kebersihan Kota Bandung GunGun Saptari Hidayat dan Kabid kebersihan DLHK Kota Bandung Sofyan Hernadi, di Sindangreret, Kamis 4 Februari 2021.

Dalam diskusi para pimpinan ormas ini ikut ambil bagian dalam pengelolaan dan pengolahan sampah agar berdaya guna, menciptakan lapangan kerja, tidak menimbulkan masalah sosial, sementara kebersihan dan kesehatan masyarakat tidak terabaikan. Intinya andil mereka akan sinkron dengan program walikota Bandung.

Hadir salah satunya Ketua Umum Ormas BBC Haji Mugi Sudjana yang menawarkan program pemusnahan sampah residu menggunakan insenerator tanpa asap, ramah lingkungan, buatan Ormas BBC, yang sudah melalui uji teknis. Dengan daya panas diatas 1500 derajat celcius, insenerator berbahan bakar air itu tidak menimbulkan polusi dan sanggup memusnahkan sampah di tiap-tiap TPS. Sehingga kelak tidak ada lagi sampah yang dikirim ke TPA.

Selain itu, telah ditemukan juga mesin pembuat pupuk kompos dari sampah pasar yang mampu menciptakan lapangan kerja. Pasar Caringin misalnya, biasanya biaya ratusan juta rupiah untuk mengangkut sampah ke Sarimukti, dengan mesin pengolah pupuk kompos bisa diminimalisir, lebih hemat biaya.

Sementara Ormas lain siap mengolah sampah organik dan non-organik menjadi  bernilai ekonomis. Komunitas Tengah imah ini sanggup memilah sampah yang bisa diolah menjadi produk bentuk barang lain yang berguna untuk masyarakat.  Sampah organis bisa menciptakan pakan ternak dan pupuk organik.

Atas pertemuan itu, Pemkot Bandung melalui DLHK dan PD Kebersihan sangat respek dengan gagasan para pimpinan ormas ini, bahkan siap memberi fasilitas dan anggaran agar masalah sampah bisa diatasi.

SB: Sofyan Hernadi | Kabid Kebersihan DLHK Kota Bandung

Inilah beberapa konsep yang dikemukakan Ketua Ormas BBC Haji Mugi Sudjana dalam penanganan sampah di Kota Bandung.

SB: H. Mugi Sudjana | Ketua Umum Ormas BBC

Dari pemaparan para inisiator pengolahan sampah dengan pemerintah kota Bandung, seyogianya tidak ada lagi sampah yang dibakar di tengah-tengah pemukiman. Selain menimbulkan masalah kesehatan, juga melanggar UU No 18 Tahun 2008 tentang Persampahan.

Isur Suryana melaporkan ...

No comments