Aksi Donor Darah Korps Brimob, Adang Daradjatun dan JK pun Langsung Apresiasi

Share:

JAKARTA – Aksi Donor Darah dan Donor Plasma Konvaselen para personel Polisi Brimob digelar atas inisiatif Ketua Umum Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Pusat Komjen Pol (P) Drs H Adang Daradjatun yang bekerjasama dengan Korps Brimob dan PMI DKI Jakarta, di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Selasa 2 Maret 2021.   

Inisiatif muncul disebabkan sinyalemen keengganan masyarakat mendonorkan darahnya di masa pandemi Covid-19. Akibatnya stok darah di PMI pun semakin menipis. Masyarakat diimbau untuk tidak khawatir mendonorkan darahnya di PMI, sebab pelaksanaan donor darah dilakukan sesuai standar protokol kesehatan (Prokes), sesuai ketentuan pemerintah dan dilakukan dengan aman oleh PMI.

Prosesi acara Donor Darah sendiri dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PDDI Komjen Pol (P) Drs H Adang Daradjatun. Dilanjutkan Donor Plasma Konvalesen untuk membantu para penderita Covid-19.

Acara dihadiri Kabag Binkesjas Korps Brimob Kombes Pol Dr Djarot Wibowo, dan dari PMI  DKI Jakarta hadir Wakil Ketua Bidang Pengembangan SDM H Syarifuddin SE MM. Pada pelaksanaan kegiatan Donor Darah di Gedung Pritadina Mako Brimob itu hadir Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat HM Jusuf Kalla.

Dengan ekspresi bangga Jusuf Kalla meninjau langsung kegiatan Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen para anggota polisi Brimob itu. Jusuf Kalla melihat antusias personel Brimob dari pas pelopor, pas gegana, dan resimen 3, ditambah anggota polri penyintas Covid-19 yang sedang melaksanakan kegiatan donor darah.

Mantan wakil presiden itu pun mengapresiasi kegiatan donor darah dan donor konvalesen tersebut. Menurutnya, ini kerjasama yang baik antara Korbrimob bersama Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) dan PMI DKI Jakarta.

Diakui Jusuf Kalla, Polri salah satu institusi penyumbang darah terbesar ke PMI. Pihaknya berharap kegiatan rutin dari Polri serta institusi lainnya mampu mencukupi kebutuhan darah di PMI yang mencapai 5 juta kantong per tahun.

Dalam peninjauan ke acara tersebut ia mengungkapkan penghargaan dan rasa terima kasih kepada para pendonor.

Meski kegiatan Donor Darah sudah menjadi kegiatan rutin di Korps Brimob, namun setidaknya dapat membantu kelangkaan darah di masyarakat dan melalui kegiatan ini PDDI sebagai mitra kerja PMI dapat meyakinkan bahwa donor darah itu aman dan menyehatkan, sehingga pada akhirnya donor darah menjadi life style dan budaya bangsa.

Diharapkan kegiatan donor darah yang rutin dilakukan ini, keluarga besar Korps Brimob akan menjadi lebih prima dan sehat kondisi fisiknya sebagai Bhayangkara Negara.[isur/rls]

No comments