KBPP Polri Jabar Sudah Bikin Program Ketahanan Pangan | Siap Bersinergi dengan Pusat

Share:

JAKARTA, intronews.my.id – Ketua DPD Pengurus Daerah KBPP Polri Jawa Barat, H Mugi Sudjana, mengapresiasi terpilihnya secara aklamasi Dr Evita Nursanty SH MSc sebagai Ketua Umum KBPP Polri dan Brigjen Pol (P) ADV Drs Siswandi sebagai Sekretaris jenderalnya. 

Ini akan menjadi angin segar dan perubahan yang signifikan terhadap kepengurusan dan kiprah KBPP Polri ke depan. Pernyataan itu Mugi Sudjana sampaikan di Jakarta Selasa 2 Maret 2021 usai ditetapkannya Evita Nursanty sebagai ketua umum dalam Munas ke-5 KBPP Polri di Hotel Ambhara Jakarta Selatan yang dilaksanakan Senin 1 Maret 2021 kemarin.

“Selamat dan sukses, Jawa Barat siap bersinergi,“ ungkap Mugi Sudjana sesaat sebelum upacara pelantikan pengurus baru DPP KBPP Polri masa bakti 2021-2026 dimulai.

Kolaborasi Evita Nursanty dengan Siswandi sebagai sekjennya, lanjut Mugi Sudjana, akan memperluas jaringan KBPP Polri sebagai organisasi massa anak-anak polisi sampai ke tingkat sektor (kecamatan). Mugi Sudjana menegaskan pihaknya sangat cocok dengan kepengurusan KBPP Polri yang baru terutama untuk sinergitas program yang sudah dan akan digulirkan di Jawa Barat.

Sejauh ini Mugi Sudjana mengakui jika KBPP Polri yang dipimpinnya di Jawa Barat sedang membumingkan program ketahanan pangan, TV Desa, perbaikan dan melestarikan lingkungan hidup, dan inovasi teknologi pemusnah sampah.

“Bahasa globalnya kita sedang melaksanakan program Hablumminalloh (Pembinaan Mental Keagamaan), Hablumminannas (Bisnis telekomunikasi dan perbaikan ekonomi), dan hablumminallam (menjaga alam) agar tidak dirusak. Kami di Jabar selalu konsern jika ada bencana, anggota selalu ada di lokasi bencana memberi bantuan dan membangun posko peduli,” papar pria tegap berambut serba putih ini.

Dalam hal Ketahanan Pangan, Mugi Sudjana sejauh ini sudah menggaet para kades untuk memfungsikan lahan tidur. Setidaknya masing-masing desa menghidupkan 15 ha lahan tidur untuk digarap oleh anak-anak polisi. Salah satu yang populer di Jawa Barat, KBPP Polri akan mengubah pola konsumsi dari nasi ke makan kentang.

“Selain sehat juga karbohidrat tinggi, kentang mempercepat pertumbuhan anak dan memperkuat struktur tulang. Keluarga yang biasa mengonsumsi kentang jauh lebih kuat dan tahan penyakit. Tidak menimbulkan penyakit diabetes, dan kentang juga mencerdaskan anak bangsa,” ungkap Mugi Sudjana.

Komoditas pangan lainnya termasuk juga budidaya buah-buahan, seperti jeruk lemon yang sangat digandrungi saat mulai merebaknya pandemi Covid-19. Lemon sangat baik untuk menumbuhkan imunitas tubuh masyarakat sehingga tahan terhadap virus corona.

“Kebun Lemon di Lembang sukses dan menciptakan lapangan kerja baru,” kata Mugi Sudjana sambil menambahkan bahwa pengembangan kebun Lemon juga dilakukan di sejumlah daerah lainnya hasil kerjasama dengan para kades.

KBPP Polri Jabar juga sudah mengajukan pendirian Koperasi Usaha. “Kami tidak mengembangkan Koperasi Simpan Pinjam, tetapi lebih kepada sisi usaha semisal pengadaan, distribusi hasil pertanian, pangan, dll. Seluruh sektor akan menjadi anggotanya,” tandas Mugi.

Dari sisi lingkungan hidup dan inovasi teknologi, KBPP Polri Jabar sudah mempatenkan kompor berbahan bakar air bernama Kompor Solair (Solar dan Air). Solar sebagai pemantik api awal, sedangkan air sebagai bahan bakar utamanya.  Bisnis UKM akan sangat terbantu karena kompor ini irit bahan bakar. Dari projek ini Mugi Sudjana bertindak sebagai direktur utama.

Bekerjasama dengan sejumlah pihak, KBPP Polri juga akan menanam ratusan ribu bibit pohon tanaman keras, khususnya di kawasan rawan longsor dan banjir. Penanaman pohon tanaman keras dimaksudkan untuk membuat paru-paru kota menjadi asri. Mengurangi dampak global warming (pemanasan global), dan memperkuat struktur tanah di lereng gundul agar tahan terhadap erosi.  

Pengembangan berikutnya, KBPP Polri Jawa Barat sedang membuat prototype mesin pemusnah sampah. Mesin ini sudah dipesan oleh Gubernur Jawa Barat sebagai alternatif mengurangi dan memusnahkan sampah agar sampah residu tidak sampai di TPA.

“Kami mohon sinergitas dengan Ketum dan Sekjen KBPP Polri yang baru terpilih agar Jawa Barat mendapatkan support dan dukungan untuk kemajuan anak-anak Polisi di kemudian hari di daerah. Ini program menyongsong masa depan yang lebih baik,” tandas Mugi Sudjana.

Dengan bangga, Mugi Sudjana mengatakan “Selamat atas Dilantiknya Ketua Umum KBPP Polri masa bakti 2021-2026, Ibu Dr Evita Nursanty SH MSc, dan Bapak Brigjen Pol (P) ADV Drs Siswandi sebagai Sekjen, semoga KBPP Polri jaya, sukses, dan selalu setia kepada Pancasila dan UUD’45 demi tegaknya NKRI,” pungkas Mugi Sudjana.[isur]

No comments