Ketua Kordinator Formas Jabar Didaulat Menjadi Dewan Pembina DPD GAAS Jabar

Share:

BANDUNG -  Gerakan Advokat dan Aktivis sebuah ormas yang baru seumur jagung, namun ajaib dalam waktu singkat sudah terbentuk kepengurusan DPD di 16 provinsi se-Indonesia dan 50 Kepengurusan DPC di tingkat Kota/ Kabupaten.

Dengan demikian para pengurus di berbagai tingkatan bersemangat menyosialisasikan keberadaan ormas GAAS di tengah masyarakat. Seperti yang diprakarsai Ketua DPD GAAS Jawa Barat, Edi Sutiyo, yang getol bersilaturahmi dengan para pihak. Termasuk berkunjung ke sekretariat Forum Ormas, LSM, Komunitas Jawa Barat, di Jalan Sumedang 4 Kota Bandung, Minggu malam (21/3/2021).

Atas Kunjungan Edi Sutiyo selaku orang nomor wahid di GASS Jabar itu, Ketua Kordinator Forum Ormas LSM Komunitas Jabar Hendra Mulyana menyambut dengan sangat ramah kedatangan Edi Sutiyo yang didampingi Wakil Ketua DPD GAAS Jabar Roy Rizki ZA SE.

Pertemuan santai tanpa dibalut seremoni itu diwarnai saling memperkenalkan diri. Menurut Edi Sutiyo, tujuan kedatangannya dalam rangka memperkenalkan diri yang kini ditunjuk menjadi ketua DPD GAAS Jabar.

Tujuan lain dari silaturahim sesama warga Jawa Barat ialah konsern memberikan ide kreatif serta program demi kemajuan Jawa Barat. Edi juga berharap nanti setelah resmi dilantik kepengurusan DPD GAAS Jabar, ia akan bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk menjadi keluarga besar Formas Jabar.

Sementara itu Ketua Forum Ormas LSM Komunitas Jabar Hendra Mulyana menyampaikan, Forum ini wadah silaturahim semua ormas di Jawa Barat. Saat ini tercatat ada 1300 ormas, LSM, serta Komunitas yang sudah bergabung di Formas.

"Dari total jumlah tersebut hanya ada 20-30% ormas, LSM, Komunitas yang aktif melakukan berbagai kegiatan. Kami sudah memilah-milah serta membuat klasifikasi terhadap eksistensi ormas yang ada," tandas Hendra.

Menurut tokoh Jabar yang low profile ini, karakteristik ormas itu ada beberapa jenis, ada yang berlandas budaya, ormas yang bergerak di bidang pengawasan, dan lainnya. Berbagai kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat saat ini terus digulirkan walau di masa Pandemi Covid-19 ini.

Di akhir pertemuan Ketua DPD GAAS Jabar meminta kesedian Ketua Formas Jabar menjadi Dewan Penasehat di DPD GAAS Jabar. Gayung pun bersambut permohonan langsung disambut baik dengan tangan terbuka.

“Pada dasarnya, saya sebagai Ketua Kordinator Para Ormas otomatis sering memberi nasehat, namun untuk di struktur saya ucapkan terimakasih kalau ditempatkan di Dewan Penasehat GAAS Jabar," pungkasnya.(isur/rls)

No comments