UIN Bandung Gelar Rapat Koordinasi Bagian Kemahasiswaan dan Alumni

Share:

BANDUNG, intronews.my.id - Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prof Dr H Mahmud MSi membuka Rapat Koordinasi Bagian Kemahasiswaan dan Alumni bertajuk Disain Pengembangan Prestasi Kemahasiswaan di Era Pandemi Covid-19, yang berlangsung di Shakti Hotel, Kamis (25/03/2021).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr H Rosihon Anwar MAg, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan Prof Dr H Tedi Priatna MAg, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof Dr H Ah Fathonih MAg, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan Prof Dr Hj Ulfiah MSi, menjadi narasumber yang dipandu Dr H Dadan Suherdiana MAg Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK).

Prof Mahmud menegaskan, untuk menjadikan mahasiswa yang luar biasa harus memiliki tiga kemampuan dasar, yaitu profesionalisme di bidangnya, kebangsaan yang menjaga NKRI dan keberagamaan yang moderat.

Selain hebat, kompeten dalam bidang keahliannya juga harus memiliki wawasan kebangsaan karena setiap anak bangsa harus ikut terlibat dalam menjaga keutuhan NKRI dan menghadirkan keberagaman yang moderat, wasathiyah Islamnya tidak memihak ke kiri atau ke kanan.

“Oleh karennya keberadaan Rumah Moderasi Beragama diharapkan dapat mencetak lulusan UIN Bandung yang memiliki sikap Islam moderat sesuai dengan nama Sunan Gunung Djati," tandasnya.

Upaya mewujudkan kampus unggul dan kompetitif, keberadaan mahasiswa harus menjadi pusat teladan bagi mahasiswa lain dalam bidang prestasi akademik dan non akademik.

Dalam persepakbolaan kampus terus berkomitmen menciptakan sistem dan aturan olahraga yang menjunjung tinggi sportifitas dan akhlak karimah. Menciptakan distingsi yang khas untuk persepakbolaan di lingkungan UIN Bandung harus mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dan mempertontonkan sikap, perilaku baik pada saat turnamen.

“Oleh karena itu, ikhtiar lahir batin, kearifan lokal harus terus ditingkatkan dan mari kita berlomba-lomba untuk mempertontonkan kebaikan dan prestasi yang dapat membanggakan kampus tercinta ini,” tandasnya.

Wakil Rektor III Prof Ah Fathonih menyampaikan SK Dirjen Nomer 4961 mengamanatkan bahwa organisasi kemahasiswaan intra universitas diarahkan bukan pada orientasi politik praktis, tetapi diarahkan pada peningkatan kualitas akademik dan non akademik. 

“Karenanya ormawa harus menjadi dinamisator, fasilitator, pengembangan minat dan bakat mahasiswa, UKM UKK harus hadir di sana dan mampu memerankan dirinya dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa,” paparnya.

Menurutnya, kehadiran organisasi kemahasiswaan harus memberikan manfaat bagi sivitas akademika dan masyarakat. “Saya menyadari untuk menghasilkan prestasi di tingkat nasional dan internasional diperlukan kerjasama, sinergitas antar pemimpin kampus dengan pembina UKM/UKK dalam rangka membina, memberikan layanan terbaik untuk mahasiswa, sehingga terjadi sinergitas dalam pengembangan soft skill dan hard skill," jelasnya.

Melalui Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIN Bandung sudah menyiapkan anggaran, “Bagi teman-teman yang mengharumkan nama UIN di level nasional sebagai juara 1, dan level internasional 3 besar, reward baik dalam bidang keilmuan, seni, olahraga. Mudah-mudahan kehadiran Bapak, Ibu pembina UKM/UKK dalam pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa, mengharumkan nama kampus di pentas nasional dan internasional,” jelasnya.

Rapat Koordinasi Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dihadiri Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (A2KK) Drs H Khoirudin MM, Kepala Biro Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Drs Akhmad Lutfi MM, Koordinator Bagian Kemahasiswaan dan Alumni H Wawan Gunawan SAg MM, para Wakil Dekan III, para Koordinator dan Sub Koordinator, Pusat Karier, Klinik Pratama, PTIPD, para pembina UKM/UKK di lingkungan UIN Bandung.[isur/rls]

No comments