Warga RW 01 Sukapura Bandung Terima Bantuan Ribuan Pcs Masker dari Ketum GPAN Jakarta

Share:

BANDUNG, intronews.my.id – Belum diketahui kapan wabah pandemi Covid-19 ini akan berakhir, namun para pimpinan ormas dan tokoh masyarakat makin giat membantu pemerintah mengurangi dampak penyebaran virus mematikan itu.

Salah satu tokoh yang getol berpartisipasi melawan Virus Corona itu ialah Brigjen Pol P ADV Drs Siswandi yang menyebarkan sekaligus membagikan 300.000 pcs masker kepada masyarakat luas.

Tidak hanya untuk warga DKI Jakarta, masker berstandar Covid-19 itu pun dibagikan ke sejumlah daerah di Nusantara, termasuk Cirebon, Kota Bandung, Tasikmalaya, bahkan sampai ke Lampung. Di Bandung, Jawa Barat, 1200 pcs masker tiga varian warna dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Paling dekat Ketua RW 01 Kelurahan Sukapura Kecamatan Kiaracondong, kebagian 500 pcs masker. Ketua RW 01 Iskandar menerima masker dari Brigjen Pol P ADV Drs Siswandi melalui Drs Suryana yang aktif di media massa sekaligus aktivis lingkungan dan aktivis anti narkoba.

Iskandar mengaku sangat antusias dan berterima kasih atas bantuan masker dari GPAN tersebut. Ini menurutnya sangat bermanfaat bagi warga di RW01, terutama karena masker menjadi alat ampuh mengurangi dampak penyebaran Covid-19 di zona merah.

“Terima kasih Pak Jenderal Siswandi, masker ini sangat membantu warga kami dari serangan virus corona. Kami akan bagikan kepada warga kami, dan selanjutnya langkah ini kami laporkan kepada Lurah Sukapura (Ibu Melinasari, S.Kom) termasuk diposting melalui Grup WA,” ungkap Iskandar, Ketua RW 01 Sukapura Bandung.

Iskandar menuturkan, kondisi lingkungan di daerahnya cukup padat sehingga rawan tersebarnya covid-19. Tercatat hingga saat ini jumlah penduduknya mencapai 1.101 jiwa dari 659 KK. Memang tidak kebagian masker semuanya, tetapi diprioritaskan warga yang keluar rumah dan belum mengenakan masker.

“Skala prioritas, terutama yang berpotensi menyebarkan virus. Dengan masker insyaallah lebih aman, karena semburan cairan dari batuk maupun bersin dapat dicegah, Paling tidak, kami dapat mencegah penularan virus,” tambah Iskandar yang juga pimpinan jamaah Masjid Anni’mah.

Hari itu juga Iskandar langsung membagikan masker, sisanya akan dibagikan di kantor RW01 saat melayani warga yang mengurusi surat-surat penting. Pada hari yang sama ketua RW yang berbisnis berbagai jenis burung kicau ini kedatangan H Asep dari Forum RW di Kelurahan Sukapura. 

“Bantuan masker dari Jenderal Siswandi sangat membantu, kami juga akan bagikan kepada jamaah masjid,” kata Iskandar. Partisipasi tokoh masyarakat Jakarta kepeduliannya sampai ke Kota Bandung. Ini dinilai sangat luar biasa. 

Sementara itu ratusan masker juga diberikan kepada Faozan Rino, mahasiswa semester 4 UIN Bandung, yang hendak melakukan aktivitas di kampusnya. Faozan yang Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) itu hendak membagikan masker tersebut kepada mahasiswa lainnya.

Ozan, begitulah ia disapa, mengapresiasi upaya Brigjen Pol P ADV Drs Siswandi yang gencar melawan Covid-19. “Setidaknya saya juga ikut berpartisipasi menyalurkan masker pemberian Pak Jenderal Siswandi ke teman-teman mahasiswa lainnya di kampus di Bandung,” ujar Faozan sambil mengaku salut orang jauh bersedia membantu warga Bandung.

Cerita lainnya datang dari Iwan Bodong yang bekerja di Depot Air Minum Isi Ulang Qua Nugrah Sukapura. Sambil membagikan brosur promo dan kupon ke pelanggan, ia juga berinisiatif meminta pemilik depot untuk menyelipkan masker di plastik promo. Usulannya dikabulkan dan ia bersemangat membagikan masker sambil mencari pelanggan air isi ulang.

“Alhamdulillah 100 lembar promo ya 100 masker juga saya bagikan langsung ke pelanggan dan calon pelanggan isi ulang. Terima kasih Pak Jenderal Siswandi,” ungkap Iwan yang dengan bangga mengenakan masker berlogo GPAN sambil menyeka keringatnya.

Pemilik Depot Isi Ulang Qua Nugrah, Cucu Rohayati, mengaku sangat perlu membagikan masker bersamaan penyebaran promo isi ulang sambil membantu pengurus RW dan kelurahan mengurangi dampak penyebaran virus corona.

“Salut untuk Pak Brigjen Siswandi, ini sangat bermanfaat. Pembagiannya juga tepat melalui Pak RW, itu langsung ke sasaran,” ungkap Cucu Rohayati. Dua pegawai depot miliknya juga ditugaskan untuk membagikan masker sambil melayani pembeli, satu kupon satu masker.


Sementara itu saat dikonfirmasi, Ketua Umum GPAN sekaligus Ketua Law Firm Jagratara Merah Putih Brigjen Pol P ADV Drs Siswandi mengaku sangat gembira masker yang ia sumbangkan sudah diterima warga.

“Langsung dipake ya, jangan disimpan di saku baju apalagi disimpan di rumah, Masker untuk dipake. Hanya itu yang saat ini bisa disumbangkan, semoga bisa membantu mengusir covid-19 dari negeri kita,” kata Siswandi yang juga menjabat Sekjen KBPP Polri pusat.

Pihaknya juga berpesan kepada warga di Bandung jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, pakai masker, rajin cuci tangan, pakai hand sanitizer dan jangan berkerumum karena virus selalu mengintai keramaian.

“Jaga jarak dan jangan pernah mau menyentuh apalagi memakai narkoba ya,” pungkas mantan pejabat penting di Mabes Polri dan BNN itu.[isur]

No comments