KBPP Polri Jabar Tanam Pohon di Ex Longsor Cimanggung | Ketua Umum Acungkan Jempol

Share:

BANDUNG, intronews.my.id – Programnya sudah jauh-jauh hari direncanakan, khususnya pasca bencana, penanaman 4000 pohon tanaman keras produktif di kawasan Ex Longsor Cimanggung, Kab Sumedang, Jawa Barat.

Niat itu terlaksana bersamaan kedatangan Ketua Umum Pengurus Pusat KBPP Polri Dr Evita Nursanty MSc, Kamis 8 April 2021 lalu,  untuk secara simbolis menanam pohon di lokasi ex longsor Cimanggung.

Menurut Ketua Pengurus Daerah KBPP Polri Jawa Barat H Mugi Sudjana, sangat pas kedatangan ketua umum sekaligus kunjungan perdana untuk implementasi program  KBPP Polri Jawa Barat.

“Sebelum orang lain berpikir, kita sudah duluan melakukan eksen di lapangan,” ungkap Mugi Sudjana yang sudah membicarakan persoalan ex longsor Cimanggung dengan sejumlah pihak terutama dengan Komando Satuan Brimob Polda Jabar.

Penanaman pohon di kawasan rawan longsor sangat diperlukan, terutama saat memasuki musim penghujan. Mugi Sudjana memaklumi kondisi hutan dan perbukitan sudah dalam kondisi kritis akibat penebangan liar dan eksploitasi pasir batu berlebihan. Namun hal tersebut tidak diimbangi dengan penanaman pohon di kawasan rawan bencana.

Untuk langkah awal pasca bencana, KBPP Polri Jawa Barat bersama Satuan Brimob dibantu potensi masyarakat dan pengurus daerah (camat) setempat menanam berbagai pohon keras produktif yang buahnya bermanfaat untuk ekonomi masyarakat.

“Pohon yang kami pilih tidak hanya tanaman keras yang dapat dimanfaatkan kayunya, tetapi tanaman yang menghasilkan buah,” ungkap Mugi Sudjana.

Aksi tanam pohon kali ini berbeda dari keumuman orang lain, penanaman pohon anti longsor maupun tanaman keras produktif berbuah. Atas persetujuan Ketua Umum KBPP Polri Evita Nursanty, KBPP Polri Jawa Barat menyediakan tanaman keras sejenis mahoni, puspa, maupun suren dan albasia. Jenis tanaman dimaksud untuk menahan longsor dan menambah kekuatan serapan air. 

“Secara ekonomi tanaman itu bisa dinikmati masyarakat di masa mendatang. Agar cepat berbuah digunakan cara okulasi,” tandas Mugi Sudjana.

Sementara tanaman keras yang berbuah lainnya, antara lain lengkeng, duren, alpukat, nangka, manggis, sukun, maupun rambutan. Secara ekonomi tanaman itu bisa dinikmati masyarakat di masa mendatang.

Pohon untuk Kehidupan
Dalam pidato sambutannya, Mugi Sudjana mengatakan, kehadiran Evita Nursanty selaku ketua umum KBPP Polri didampingi Sekjen Brigjen Pol ADV Drs Siswandi, Wasekjen John Kennedy SH, Bidang OKK Enita SH MH, dan Bidang Hukum Dr Cakra SH MH, nemanbah semangat prakarsa penanaman pohon di kawasan rawan bencana. “Insya Allah tidak hanya di Cimanggung, kami juga akan menanam tanaman yang sama di kawasan rawan bencana lainnya,” kata Mugi Sudjana.

Bagi Mugi Sudjana, langkah ini sangat penting dilakukan mengingat ini sangat bermanfaat bagi nafas kehidupan kita, lingkungan hidup kita. Mugi mengapresiasi kedatangan ketua umum

Memang sederhana, namun muatannya sangat kuat, satu pohon memiliki arti luar biasa bagi kehidupan masyarakat. Mugi Sudjana akan mengampanyekan aksi tanam pohon satu orang satu pohon. Upaya ini meski tidak langsung dinikmati warga saat ini, tetapi bermanfaat jangka panjang.

Tanaman akan Dijaga
Mugi Sudjana menambahkan, pihaknya sangat berbangga dengan pencanangan penanaman pohon oleh ketua umum. Ia mengapresiasi saran-saran ketua umum yang menilai positif langkah-langkah Jawa Barat.

“Semoga terus support dan Jabar akan selalu memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Terutama agar kehadiran KBPP Polri di Jawa Barat dicintai masyarakat dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Mugi Sudjana. Pihaknya menjamin pohon yang ditanam di kawasan itu akan dijaga dan dipelihara oleh anggota KBPP Polri di daerah.

Apresiasi terhadap kedatangan Evita Nursanty pun datang dari Kapolda Jabar yang diwakili Direktur Binmas Polda Jabar Kombes Pol Drs Supriyadi MSi. “Selain bermanfaat untuk lingkungan hidup, penanaman pohon juga bermnafaat untuk menjawab persoalan pangan yang suatu saat akan menngalami krisis alias krisis pangan,” tandas Mugi Sudjana.

Selepas seremoni simbolis penyerahan tanaman dan penanaman pohon di Kecamatan Cimanggung itu, ratusan orang dari tiga rombongan utama, yakni dari KBPP Polri, pasukan Brimob Poda Jabar, serta ibu-ibu PKK dan Karang Taruna serempak berjalan kaki menuju lokasi penanaman di lereng bukit, kawasan penyangga tidak jauh dari lokasi bencana longsor.

Ketua Umum KBPP Polri Dr Evita Nursanty MSc beserta rombongan begitu pun rombongan ketua KBPP Polri Jabar meninjau lokasi penanaman tersebut. Di ketinggian diatas 700 meter dpl tersebut Evita melihat langsung kondisi perumahan yang berada di lereng bukit. Angin sempat bertiup kencang tetapi prosesi penanaman tidak terganggu.[isur]

No comments