Keren, Ada Musabaqoh Al-Barzanji antar Majelis Taklim se-Bandung Timur di DKM Ikomah

Share:

BANDUNG, intronews.my.id - Dewan Keluarga Masjid Ikomah UIN Bandung menyelenggarakan lomba baca Al-Barzanji Majelis Taklim Se-Bandung Timur secara Online (27 Maret 2021). Pengumuman pemenang lomba serta pembagian hadiah disampaikan dalam pengajian Rutin Ibu-ibu, Sabtu 10 April 2021.

Pengajian Majelis Ta'lim ini penceramahnya diisi oleh Drs H Mualip MPdI. Ketua DKM Ikomah Drs H A Bachrun Rifa'i MAg dan ketua Majelis Taklim Dra Hj Nia Kurniati membuka dan memberi sambutan dalam kegiatan tersebut.

Pengajian ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. "Pengajian Majelis Taklim di masa PPKM saat ini dilaksanakan secara minimal, dengan penerapan prokes yang ketat untuk menghindari penyebaran covid-19," ujar Ustadz Bachrun dalam sambutannya.

Adapun Ustadzah Nia Kurniati menyampaikan laporan kegiatan serta pengumuman juara Musabaqah Al Barzanji yang diikuti Ibu-Ibu Majelis Taklim Se-Bandung Timur. Meski musabaqah diselenggarakan secara online, namun hal itu tidak melunturkan semangat ibu-ibu Majelis Taklim untuk mengikutinya.

Adapun pemenang Musabaqah tersebut Juara 1 diraih Majelis Taklim An-Nur, juara 2 Majelis Taklim Miftahul 'Ilmi, dan Juara 3 Majelis Taklim Ar-Rahman. Sedangkan pemenang kategori harapan 1 diraih Majelis Taklim At-Thoyyibaah, harapan 2 Majelis Taklim Al-Muhajir dan harapan 3 diraih Majelis Taklim Ibnu Syaif. Untuk juara kategori favorit terpilih Majelis Taklim Darussholihin.

Menyambut Ramadan
Drs H Mualip MPdI dalam ceramahnya menyampaikan tema tentang "Bekal Ramadan dan bekal dunia-akhirat." Ustadz Mualip menjelaskan hadits bahwa ada 3 teman yang setia di dunia dan di akhirat.

Yang pertama teman yang setia saat sekarang, yaitu harta yang dicari siang dan malam. Contohnya adalah HP yang kemana-mana selalu kita bawa. Harta ini tidak akan dibawa ke alam barzah, karena harta itu tidak hakiki tetapi sementara.

"Teman setia yang kedua sampai halaman kuburan, apa itu? Keluarga. Mereka menemani  hanya  sampai kuburan. Dan yang ketiga teman setia sampai akhirat, yaitu amal sholeh," jelasnya.

Ustadz Mualip juga menyampaikan tentang tiga golongan yang dirindukan surga, yaitu orang yang sering tadarus Al-Quran, orang yang senantiasa menjaga lisan, dan orang yang ingin bersegera Ramadan.

"Maka dari itu, persiapan yang harus Kita lakukan menjelang bulan Ramadan adalah persiapan hati yang bersih, persiapan jasmani, atau raga yang sehat, dan persiapan ilmu," pungkasnya.[isur/rls]

No comments