Ushuluddin Chanel Siarkan Munaqasyah Artikel Ilmiah

Share:

BANDUNG, intronews.my.id - Pendidikan tinggi memiliki tantangan penguatan keterampilan penulisan artikel ilmiah. Di masa pandemi Covid-19, Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan penyelesaian tugas akhir skripsi dapat diganti dalam bentuk artikel bagi sasaran penerbitan di jurnal ilmiah.  

Kebijakan artikel ilmiah pengganti skripsi diberlakukan bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), termasuk UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sejak kebijakan ini diberlakukan, Fakultas Ushuluddin UIN Bandung melaksanakan Sidang Munaqasyah Artikel Ilmiah ke-4 kali.

Sampai periode ke-4 tercatat sebanyak 11 mahasiswa menempuh penyelesaian tugas akhir skripsi dalam bentuk artikel ilmiah di Fakultas Ushuluddin UIN Bandung.

Pada periode ke-4 sebanyak tujuh mahasiswa calon sarjana mempresentasikan artikel pada acara Munaqasyah Artikel Ilmiah Fakultas Ushuluddin UIN Bandung. Acara ini digelar pukul 08.30 WIB pada Jumat 23 April 2021.

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Bandung Dr Wahyudin Darmalaksana MAg menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya ia mengucapkan terimakasih kepada Rektor UIN Bandung atas kebijakan tugas akhir skripsi dalam bentuk artikel ilmiah di masa pandemik Covid-19.

Juga ucapan terimakasih disampaikan kepada seluruh sivitas atas segala dedikasi bagi penguatan keterampilan penulisan artikel ilmiah di lingkungan mahasiswa.

Acara dikendalikan oleh Ketua Majlis Sidang Munaqasyah Artikel Ilmiah Dr Radea Juli A Hambali MHum, yang sekaligus Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin UIN Bandung.

Peserta sidang Munaqasyah Artikel Ilmiah disyaratkan memiliki LoA (Letter of Acceptance) dari jurnal ilmiah. Ketua Majlis melaporkan bahwa seluruh peserta sidang telah melampirkan LoA sebagai bukti penerimaan artikel mereka di jurnal ilmiah.

Peserta sidang Munaqasyah mempresentasikan artikel masing-masing selama lima menit. Berikut ini tujuh mahasiswa peserta sidang artikel ilmiah pada period eke-4:

Revi Madriani NIM 1171010060 Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam dengan judul “Living Teologi Tradisi Tolak Bala Bepapas pada Masyarakat Desa Parit Setia Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. LoA dari Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin Indeks Moraref.

Asep Sudrajat NIM. 1161010013 Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam dengan judul “Analisis Filsafat Paulo Freire terhadap Sistem Pendidikan Indonesia: Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Baleendah Bandung.” LoA dari Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin Indeks Moraref.

Ucep Hermawan NIM. 1171010069 Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam dengan judul “Konsep Diri dalam Eksistensialisme Rollo May.” LoA dari JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, Terakreditasi Nasional Sinta 3.

Muhamad Yoga Firdaus NIM. 1171030131 Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan judul “Core Framing terhadap Penggunaan Tafsir Ibnu Katsir Di Media Online: Analisis pada Website Islami.co dan Bincangsyariah.com.” LoA dari Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Terakreditasi Nasional Sinta 2.

Nurul Dewiyana Azizah NIM. 1171040201 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi dengan judul “Hubungan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dengan Tingkat Kesabaran Mahasiswa dalam Sistem Kuliah Online: Studi pada Mahasiswa Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Angkatan 2017 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” LoA dari Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin Indeks Moraref.

Nurul Istiqomah NIM. 1171040202 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi dengan judul “Konsep Ma'rifat dalam Serat Wirid Hidayat Jati Karya Romggowarsito.” LaA dari Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin Indeks Moraref.

Hidayatul Fikra NIM. 1171040057 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi dengan judul “Terapi Mind Healing Technique (MHT) Metode Jarak Jauh untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi.” LoA dari Syifa al-Qulub: Jurnal Psikoterapi Sufistik.

Bertindak sebagai penguji pada sidang artikel ini Prof Dr H Muhtar Solihin MAg; Dr H Hasan Mud’is MAg; Dr Neng Hannah MAg; Dr Muhlas MHum; Maman Lukmanul Hakim MAg; Solehudin MAg; dan H Irwan Abdurrohaman MAg.

Seluruh penguji menyampaikan kritik, pendalaman, dan pengayaan terhadap artikel ilmiah. Para penguji juga memberikan apresiasi seluruh mahasiswa peserta sidang atas pencapaian mereka dalam penulisan artikel bagi sasaran publikasi di jurnal ilmiah.

Sidang ini digelar secara daring demi mengindahkan protokol kesehatan Covid-19. Sekitar 85 peseerta mengikuti virtual sidang artikel ilmiah. Acara disiarkan langsung oleh Tim Kreatif Studio Ushuluddin yang beralamat di Jalan AH Nasution 105 Bandung. Acara berakhir pukul 11.30 WIB. Seluruh rangkaian acara dapat disaksikan ulang pada Youtube Ushuluddin Chanel. [isur/rls]

No comments