Wagub Jabar Ujicoba Motor Listrik Anubis yang Batrenya Bisa untuk Penerangan Rumah

Share:

BOGOR, intronews.my.id – “Halah Ngageleser kieu. Raoseun pisan, Mantap. Tarikannya sama dengan sepeda motor, gak ada suaranya lagi..”. Itulah kalimat yang meluncur dari mulut Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum alias Kang Uu, saat ujicoba motor listrik bersama Baran Energy, di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, sehari menjelang puasa Ramadhan, Senin 12 April 2021.

Sepeda motor ini benar-benar tidak bising karena tidak ada sistem pembakaran. Sepeda motor menggunakan teknologi energi terbarukan yang menggabungkan panel surya dan baterai berkapasitas 8000 Watt perjam (8 kWh).

Kang Uu mengaku sangat terkesan dengan sepeda motor ini, apalagi ia diberi kesempatan menjadi orang pertama yang menjajal motor listrik itu saat launching di Puncak Bogor.

“Gak ada getaran, pokoknya keren, nyaman kalo sudah mencoba saya yakin pasti ketagihan. Pasti Anda penasaran untuk mendapatkannya,” kata Kang Uu di Puncak Bogor.

Lain dari kelebihannya enak dikendarai, sepeda motor bentukan baru yang akan eksis di Indonesia, khususnya Jawa Barat ini, bisa menjadi alternatif sumber daya listrik rumah.

Menurut teknisi perusahaan sepeda motor Listrik Anubis yang Kang Uu ketahui, daya listriknya bisa menerangi 3 rumah dengan daya 450 watt selama 3 hari 3 malam tanpa sinar matahari.

Produk sepeda motor listrik dari Baran Energy ini hadir dalam edisi terbatas (limited edition). Diciptakan pada konsep ramah lingkungan. “Pengisian daya listriknya sangat mudah dan bisa dari mana saja,” ungkap Kang Uu yang tidak henti-hentinya mengelus sepeda motor unik ini.

Kata Kang Uu, motor ini keren, terutama karena teknologi baterainya. Ia berharap motor ini diproduksi lebih banyak untuk pasar Jawa Barat. Ini kendaraan masa depan sehingga kelak tidak ada lagi orang pakai motor BBM penyumbang polusi udara,” harap Uu.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Darat lewat kebijakan mengganti kendaraan dinas Gubernur dan Wakil Gubernur menjadi mobil listrik.

“Pak Jokowi kan perintahkan untuk semua beralih ke kendaraan listrik seperti ini,  Nanti kalau sudah produksi banyak bisa dibeli dengan mudah kita ada aturannya ASN harus pakai motor listrik,” pungkas Kang Uu.

Teknologi Sidik Jari
Dalam press release yang dikeluarkan Baran Energy, Victor Wirawan CEO sekaligus pendiri Baran Energy mengklaim, motor Anubis setara motor biasanya, bersilinder 500cc. Top speednya sendiri 0-100 km/h dalam waktu 5.5 sec.

“Sedangkan waktu pengisian dayanya 5 jam untuk jarak tempuh 200 km. Nantinya kendaraan ini akan dikembangkan menjadi 2 varian yang dilengkapi teknologi Finger Print sebagai pengganti kunci kontak,” ungkap Victor Wirawan.

Motor ini dibandrol seharga 300 juta, berdesain body kokoh, sporty, dan mirip seperti motor cross. Motor Anubis bisa diisi ulang layaknya charge laptop, simple, mudah, dan bisa dilakukan di mana pun tanpa harus bergantung SPKLU atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.[isur/rls]

No comments