Pertemuan Rombongan Ketua Umum KBPP Polri dengan Kapolda Jawa Barat

Share:

BANDUNG, intronews.my.id
– Banyak hal penting yang dibicarakan antara Ketua Umum KBPP Polri Dr Evita Nursanty MSc dengan Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri, di Mapolda Jabar, Selasa 18 Mei 2021.

Intinya, Kapolda Jabar yang didampingi Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol Drs Supriyadi MSi, mendukung semua program KBPP Polri Pusat dan KBPP Polri Jawa Barat. Dalam pertemuan itu Evita Nursanty didampingi Ketua PD KBPP Polri Jawa Barat H Mugi Sudjana.

Selain didampingi Pengurus Jawa Barat, Evita Nursanty juga didampingi Sekjen KBPP Polri Brigjen Pol (P) Adv Drs Siswandi SH MH, Kepala Diklat KBPP Polri dan rombongan lainnya. Dalam keterangan persnya, Siswandi mengatakan, Kapolda Jabar adalah Pembina dari KBPP Polri di Jawa Barat.

“Ketum KBPP Polri langsung beraudiensi dengan Kapolda Jabar, selain kunjungan kerja dan bersilaturahmi selepas idul fitri 1442 H, kami juga memperkenalkan pengurus baru KBPP Polri pusat yang baru beberapa bulan dilantik,” ungkap Siswandi.

Kegiatan ini pun merupakan agenda rutin KBPP Polri beraudiensi dengan para Kapolda di tingkat provinsi (Pengurud Daerah). Seperti dijelaskan Siswandi, sebelum dengan Kapolda Jabar, KBPP Polri juga beraudiensi dengan Kapolda Metro Jaya pada penghujung bulan suci Ramadhan lalu.  


Dalam pertemuan Evita Nursanty dengan Kapolda Jabar tersebut, lanjut Siswandi, diperkenalkan mengenai program KBPP Polri. Termasuk program yang berkaitan dengan aktivitas anggota dan pengurus KBPP Polri di Jabar, membantu kinerja kepolisian.

“Ibarat anak membantu ayahandanya dalam mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD’45, dan Bhineka Tunggal Ika, membantu polri mewujudkan kamtibmas. Baru saja KBPP Polri ikut ambil bagian dalam Pospam Mudik Lodaya, dan banyak lagi program yang akan digulirkan bersama Polda Jabar,” papar Siswandi sekaligus mantan perwira polisi yang pernah bertugas di wilayah hukum Jawa Barat itu.   

Sementara itu Ketua Pengurus Daerah KBPP Polri Jawa Barat H Mugi Sudjana menambahkan, pertemuan tersebut sangat mengapresiasi kinerja kepolisian Jawa Barat. Belum lama ini, KBPP Polri Jawa Barat mendapat support dari Satuan Brimob Polda Jabar untuk penanaman pohon di kawasan rawan bencana.

Paling duluan KBPP Polri dibantu Sat Brimob Polda Jabar menanam 4000 pohon tanaman keras di kawasan ex Longsor Cimanggung Sumedang, langsung dihadiri dan dilakukan Ketua Umum KBPP Polri Dr Evita Nursanty MSc.

“Terima Kasih Pa Kapolda. Seyogianya kita bantu masyarakat terhindar dari bencana dan malapetaka akibat longsor, banjir, kebakaran, kelaparan, dll,” ungkap Mugi Sudjana saat mendampingi rombongan dari KBPP Polri Pusat.

Pihaknya juga mengapresiasi Kapolda Jabar yang siap membantu penyediaan perumahan dan sertifikasi tenaga kerja di Jawa Barat. Hal ini sangat memudahkan rakyat Jawa Barat mendapatkan pengakuan secara tertulis keahlian dan kompetensi di dunia kerja.


Mugi Sudjana memaparkan, KBPP Polri di Jawa Barat sedang membumingkan program ketahanan pangan, TV Desa, perbaikan dan melestarikan lingkungan hidup, dan inovasi teknologi pemusnah sampah. Konteks ini pun disampaikan dalam pertemuan tersebut.

Bahasa simpelnya, KBPP Polri Jabar sedang melaksanakan program Hablumminalloh (Pembinaan Mental Keagamaan), Hablumminannas (Bisnis telekomunikasi dan perbaikan ekonomi), dan hablumminallam (menjaga alam) agar tidak dirusak.

“Kami di Jabar selalu konsern jika ada bencana, anggota selalu ada di lokasi bencana memberi bantuan dan membangun posko peduli,” papar Mugi Sudjana.

Bentuk keakraban Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri dengan Sekjen KBPP Polri Brigjen Pol (P) Adv Drs Siswandi (Kanan). 

Dalam Ketahanan Pangan, pihaknya sudah menggaet para kades untuk memfungsikan lahan tidur. Setidaknya masing-masing desa menghidupkan 15 ha lahan tidur untuk digarap oleh anak-anak polisi. Salah satu yang populer di Jawa Barat, KBPP Polri akan mengubah pola konsumsi dari nasi ke makan kentang.

Komoditas pangan lainnya termasuk juga budidaya buah-buahan, seperti jeruk lemon yang sangat digandrungi saat mulai merebaknya pandemi Covid-19. “Lemon sangat baik untuk menumbuhkan imunitas tubuh masyarakat sehingga tahan terhadap virus corona. Kami mendapat dukungan penuh dari Kapolda Jabar,” pungkas Mugi Sudjana.[isur]

No comments